Mars Opposition

Assalamua’alaikum wr wb,,, 😀

Hanya ingin mengabadikan peristiwa-peristiwa bersejarah di luar angkasa.. 😛

Peristiwa bersejarah yang baru saja terjadi di ruang angkasa adalah Oposisi Mars. Nah, apa sih oposisi mars itu..

Bumi bergerak melintasi Matahari lebih cepat daripada Mars, dan setiap 26 bulan, Bumi akan mendahului lintasan dalam, saat itulah Matahari-Bumi-Mars berada pada segaris, dikenal sebagai oposisi Mars.

Nah, kalo begitu kejadiannya maka oposisi mars ini bisa terjadi setiap 26 bulan sekali. Sekitar 2 tahun lebih 2 bulan. Kalo melihat dari pergerakannya Mars sama Bumi (liat disini nie) oposisi selanjutnya akan terjadi sekitar bulan Maret 2012.

Gambar yang diambil tepat pada tanggal 29 Januari 2010. Pas oposisi terdekat..

Nie gambar diambil tanggal berapa juga gak jelas nie sumbernya. Diambil dari pesawat Hubble keknya. Makane jelas banget…

Mars jelang oposisi yang dipotret Hubble sejak tahun 1995 – 2007.Kredit : NASA/HubbleMars jelang oposisi yang dipotret Hubble sejak tahun 1995 – 2007.Kredit : NASA/Hubble

Untuk kali ini oposisi terdekat terjadi pada tanggal 29 Januari 2010. Tapi sampai sekarang kita masih bisa melihat mars dengan mata kepala telanjang. Si Sirius masih kalah terang dibanding si Mars sekarang. The Red Planet ini baru meredup sinarnya tanggal 14 Februari 2010. Jadi masih ada kesempatan nonton meskipun yang keliatan paling cuma titik terang di langit doang..hehehee,,,

Ketika sore si Dewa Perang ini akan keliatan dari arah Timur lalu berangsur-angsur menuju ke Barat. Cara nyarinya mudah kok. Liat aja noktah yang cerlang berwarna kemerahan dan yang pasti sinarnya tetap gak kelap-kelip.

Dan pas sekali di daerah Klaten tepatnya di desa Samben saat oposisi terdekat lagi mendung jadi mo dilihat pake mata telanjang yang melek lebar juga kagak ketemu. Teropong bintang juga kagak punya,,huehehehe,,, 😀

“Apakah kamu yang lebih sulit penciptaannya ataukah langit?…” (QS An Nazi’at: 27)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s