Beberapa Planet Berada Tepat Satu Garis Lurus dengan Matahari

Assalamua’alaikum wr wb,,, 😀

Salah satu TV swasta memberitakan dari LAPAN bahwa malam ini, 6 Juli, beberapa planet akan berada satu garis lurus dengan matahari. Trus karena penasaran langsung liat deh di beberapa situs astronomi langganan..Lubang Hitam, Langit Selatan, Astronomi Sains..

Ternyata tak ada satupun berita mengenai gejala antariksa satu ini. Trus nyobain pake software Stellarium buat ngeliat posisi planet-planet ntu..
Emang posisi beberapa planet ada yang satu garis lurus. Ini nie skrensot-nya pas jam oo.oo teng di daerah bandung..(klik gambarnya ajah kalo pengen liat lebih jelas Brader.. :))

Sun, Mercury, Venus, Mars, Saturn berada pada satu garis lurus

Dan beneran gak sengaja, nemu satu situs yang ngabarin gejala antariksa ini, Okezone
Jadi deh nulis juga di blog ini…
Searching begin..Loading…

Dari situs di atas, disebutkan bahwa ada sms yang beredar di kalangan pengguna Blackberry (kasihan amat para pengguna Blackberry dapet Hoax mulu,, :lol:). Isinya :

Menurut NASA tepat pukul 5:00 PM waktu Greenwich, atau pukul 12:00 tengah malam ini (6 Juli 2010) planet Merkurius, Bumi, Venus, Uranus, dan Neptunus berada tepat satu garis lurus dengan Matahari. Hal ini terjadi 20.000 tahun sekali. Akibatnya gaya gravitasi menjadi bertambah 6 kali lipat, pada saat itu akan terjadi fenomena luar biasa.

Fenomena luar biasanya :
1. Laut akan mengalami pasang naik, dan kemungkinan laut akan meluap
2. Berat benda akan meningkat 6 kali lipat
3. Semua benda akan tertarik ke permukaan bumi

Jika kita menimbang benda satu kilogram akan menjadi enam kilogram, jika berat badan 50 kilogram akan menjadi 300 kilogram. Selain itu, semua benda akan tertarik ke permukaan bumi. Jika kita melempar sesuatu, maka benda tidak akan bergerak ke atas namun ke bawah. Burung, kelelawar, dan lainnya yang terbang dalam jarak satu kilometer dari permukaan bumi akan langsung tertarik dan jatuh.

Begitu kira-kira isi pesan yang mengklaim dapet info dari NASA.
Selain itu NASA juga memperingatkan semua perusahaan penerbangan agar tidak mengangkasa pada waktu tersebut karena fenomena tersebut akan berlangsung kira-kira 10 menit.

Tapi pas diliat di website NASA, adem ayem ajah. Gak ada informasi yang memberitakan fenomena alam satu ini.

Karena lagi males nyari pake mbah google langsung aja masuk ke Forum terbesar Indonesia,,Kaskus Gan. Bener tebakan ane gan..
Begitu search pake kata sandi ‘planet’ langsung keluar deh semua hoax-hoaxnyah (inti hoaxnya seperti yang telah disebutkan diatas :D). Plus sumber lengkap dan penjelasannya..

Ini nie penjelasan beberapa ahli dari LAPAN..>>

Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional membenarkan bahwa sejumlah planet seperti Merkurius, Venus, Mars, dan Saturnus akan tampak berada dalam satu garis lurus pada Selasa malam. Satu garis lurus terjadi, setelah Merkurius terbenam pukul 18.30 WIB, lalu sekitar pukul 21.00 WIB Venus terbenam, lebih malam lagi Mars dan Saturnus.
Tapi hal ini adalah bukanlah sesuatu yang langka dan membawa dampak buruk. 8 planet yang mengitari matahari di tata surya memang berada dalam satu bidang ekliptika, sehingga jika dilihat dari bumi akan mungkin terlihat seperti garis lurus.
Nah, sebenernya planet-planet yang tampak dalam satu garis lurus itu terjadi beberapa hari ini, tapi malam ini akan paling jelas kelihatan.

Dari LAPAN lagee nie >>
Superkonjungsi: Bedakan Astronomi dan Astrologi
Ane buat simplenya aja yah gan,,,

ASTROLOGI >>
Ilmu yang mempelajari pergerakan planet, bulan, matahari, dan bintang-bintang yang diyakini berkaitan dengan nasib manusia, baik secara individu maupun masyarakat. Gejala antariksa yang dikaitkan dengan nasib itu yang disebut Astrologi.

ASTRONOMI >>
Ilmu yang mempelajari kondisi fisik, kimiawi, dan evolusi benda-benda langit tanpa ada kaitan dengan nasib manusia. Murni sains.

KONJUNGSI – dilihat dari sisi Astronomi– >>
Posisi 2 benda langit yang segaris bujur dalam penampakannya di langit. Dan tidak mungkin bisa terjadi konjungsi yang melibatkan lebih dari 2 benda langit ato bisa dibilang gak mungkin ada superkonjungsi dalam Astronomi.

KONJUNGSI -dilihat dari sisi Astrologi– >>
Konjungsi tidak harus segaris bujur, ada toleransi antara 8-9 derajat. Makanya dalam Astrologi bisa terjadi konjungsi yang melibatkan lebih dari 2 benda langit yang biasa mereka sebut SUPERKONJUNGSI.

TAFSIR ASTROLOGI
Dalam astrologi, fenomena konjungsi mempunyai pengaruh paling kuat pada nasib manusia di bumi.

Ada contoh beberapa ramalan astrologi yang menarik nie :

  1. Ramalan bakal terjadi chaos tahun 1995 karena planet Saturnus-Uranus (berita lain Uranus-Neptunus) berada pada posisi segaris yang berlangsung selama 5 tahun.
    Padahal faktanya dilihat dari argumentasi astronomi, ketiga planet tersebut tidak berada pada posisi segaris. Hanya Uranus dan Neptunus yang berdekatan tapi tidak segaris. Saturnus dan Uranus berada pada posisi segaris dengan matahari pada tanggal 9 Juni 1988. Dan planet Uranus dan Neptunus berada pada posisi segaris dengan matahri pada tanggal 21 April 1993.

  2. Tahun 1974, John R.Gribbin dan Stephen H. Plagemann menerbitkan buku ‘The Jupiter Effect’ yang berisi ramalan akan terjadi bencana pada tahun 1982 karena semua planet berada pada satu sektor yang sama. Yang memang pada saat itu semua planet dari Merkurius-Pluto berkumpul pada sektor paling sempit selama 20 abad.

  3. Nostradamaus, yang bernama asli Michel de Nostradame dan pernah menjadi dokter istana Raja Perancis Charles IX, menerbitkan buku berjudul ‘Les Centuries’ pada 1555. dan banyak peristiwa besar yang dikaitkan dengan ramalan Nostradamus (ex, PD I dan PD II. Perang Teluk Irak-Kuwait). Ramalan Nostradamaus sempat membuat panik banyak orang gara-gara penayangan film ‘The Man Who Saw Tomorrow’ yang bercerita tentang Nostradamaus.

    Nostradamaus

  4. Superkonjungsi 1982 dikabarkan akan menghancurkan pantai barat Amerika dan memusnahkan jutaan orang.

Nyatanya, tak ada satupun dari ramalan tersebut yang benar-benar terjadi..

Tafsir astrologi telah melahirkan ramalan-ramalan yang mengundang sensasi. Bahkan negara-negara maju-pun masih terpengaruh dengan ramalan-ramalan astrologi yang sering tidak benar.

TAFSIR ASTRONOMI >>
Berkelompoknya planet-planet dalam suatu sektor tertentu tidak memberikan dampak apapun pada terjadinya bencana di bumi. Dampak benda langit pada bumi hanya terjadi pada efek pasang surutnya, radiasinya, dan pancaran partikelnya.
Efek pasang surut terkait dengan gravitasi bulan dan matahari.
Radiasi matahari berdampak besar pada bumi jika dikaitkan dengan komunikasi radio maupun fenomena cuaca dan iklim.
Pancaran partikel dari matahari berupa angin matahari atau debu komet berdampak pada satelit-satelit yang mengorbit bumi.

Cukup sekian dan terima kasih pelajaran astronomi malam ini. Gara-gara kasus hoax ini, ada beberapa fenomena yang membuat ane jadi penasaran. Tapi gak mungkin dituntaskan malam ini. Mata sudah minta haknya untuk dipejamkan.. 8)

Jadi intinya, apapun bentuk ramalan-nya, teliti dulu semua beritanya, liat sumbernya, tanya pada ahlinya.. 😉

NB :
Ane udah melewati jam 00.00 gan. Tapi gak ada fenomena apapun..
jadi emang bener-bener…HOAX… :mrgreen:

Advertisements

4 comments on “Beberapa Planet Berada Tepat Satu Garis Lurus dengan Matahari

  1. iya, td mlm q smpe2 pny perasaan g enak gara2 bbrp planet dlm satu grs… makasih infony. coz q lg penasaran sm berita itu…

  2. menyongsong datangnya bulan Romadhon, mari kita mempersiapkan diri untuk hati yang lebih bersih dan rasa saling menghormati. mohon maaf kalau komentar ini sekedar menyapa, tidak sesuai dengan isi postingan 11:29

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s