Teori Materialisme

Assalamua’alaikum wr wb,,, 😀

Mencuplik sedikit dari Wikipedia, Materialisme adalah paham dalam filsafat yang menyatakan bahwa hal yang dapat dikatakan benar-benar ada adalah materi. Pada dasarnya semua hal adalah materi dan semua fenomena adalah hasil interaksi dari materi. Materialisme mengajarkan bahwa tidak ada sesuatu selain materi dan materi adalah esensi segala sesuatu. Kehidupan manusia di dunia adalah hasil rekayasa materi. Seorang manusia jika hidup di dunia maka dia sebenarnya hidup di dunia materi. Yah, pokoknya semua serba materi lah, materi adalah segala-galanya. Makanya penganut paham ini disebut Materialis. Akhirnya muncul lah kata Matre,,hehehe..(bercanda)
Materi sendiri didefinisikan sebagai segala sesuatu yang menempati ruangan dan memiliki massa. Bisa berbentuk padat, cair, gas. (Ingat-ingat pelajaran SMP)
Beberapa pendapat para materialis antara lain:
1. Tidak ada sesuatu yang bersifat non-material seperti roh, hantu, setan, malaikat, dll. Pelaku immaterial tidak ada
2. Tidak ada Tuhan atau dunia adikodrati (supranatural). Realitas satu-satunya adalah materi dan segala sesuatu merupakan manifestasi aktivitas materi
3. Setiap peristiwa mempunyai sebab materi dan penjelasan materi tentang semua itu merupakan satu-satunya penjelasan yang tepat
4. Materi dan aktivitasnya bersifat abadi. Tidak ada Sebab Pertama atau Penggerak Pertama
5. Bentuk materi dari barang-barang dapat diubah tapi materi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan
6. Tidak ada kehidupan yang kekal. Semua gejala berubah, akhirnya melampui eksistensi yang kembali lagi ke dasar materi primordial, abadi dalam suatu peralihan wujud kembali yang abadi dari materi

Beberapa filsuf yang berperan serta dalam mengenalkan paham ini antara lain:
Epikuros adalah yang pertama kali mengembangkan paham ini
Demokritus berpendapat bahwa hakikat alam semesta adalah atom-atom yang amat banyak dan halus. Atom-atom itulah yang menjadi asal kejadian alam semesta.
Thales berpendapat bahwa unsur asal adalah air
Anaximandros berpendapat bahwa unsur asal adalah apeiron (unsur yang tak terbatas)
Anaximenes berpendapat bahwa unsur asal adalah udara
Heraklitos berpendapat bahwa unsur asal adalah api
Lucretius Carus, Baron von Holbach, Feurbach, Moleschott, Buchner, Haeckel
Kenal gak sama nama-nama diatas? Saya belum sempat kenalan soalnya 😀 Kalo yang ini pasti sudah familiar
Charles Darwin dan Karl Marx
Teori evolusi Darwin yang sangat terkenal (dan sudah diajarkan sejak dari SD) menjadi semacam landasan ilmiah bagi teori materialisme. Pengaruh teori ini sudah sangat luas dan dalam. Bahkan sekarang meskipun sudah ada banyak bantahan tentang teori evolusi tetap saja teori ini menjadi suatu teori yang populer. Media secara sadar maupun tidak sadar selalu memakai teorinya mas Darwin ini. Contohnya saja pada film kesukaan saya ‘Mr Brain’ tetep aja seneng pake istilah nenek moyang kita adalah kera. Apalagi si National Geographic, gencar banget nyebar masalah evolusi..arghh

Akibat Teori Materialisme
Akibat yang paling fatal adalah tidak mengakui adanya penciptaan yang berarti tidak mengakui adanya pencipta yaitu Allah SWT. Segalanya berasal dari materi dan rekayasa serta interaksi antar materi. Dari dulu sampai sekarang mereka masih sibuk bicara tentang keberadaan Tuhan dan afterlife. Zaman duluuuu kala saat para filsuf Yunani pusing mikirin keberadaan Tuhan para ilmuwan muslim sudah melaju cepat karena mereka sudah punya pondasi agama (kata mereka ‘eleuh eleuh, ngapain pula mikirin yang udah jelas,,buang-buang tenaga ihh’ :D)
Materi adalah segala-galanya. Apa yang akan dilakukan seseorang jika sudah mencap kata ‘segala-galanya’?
Seorang materialis akan memandang segala sesuatu dari sisi materi. Urusan moral belakangan. Dan apa yang akan terjadi jika moral sudah ditinggalkan?
Kerusakan massal??
Wallahu’alam….
Cukup sudah,,saya ngantuk…

Referensi:
1. http://materiwaktu.wordpress.com/2011/02/28/materialisme/
2. http://thumbs.dreamstime.com/thumblarge_357/1232810268dVoA0f.jpg (gambar)
3. http://ukhtyfillah.blogspot.com/2008/03/teori-materialisme.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s