Berprasangka Baik dengan System Thinking

Assalamua’alaikum wr wb,,,

Kerangka dasar system thinking dibedakan menjadi 3 tingkatan. Tingkat pertama adalah event. Seperti iceberg atau bongkahan es, mereka yang berada di tingkat ini hanya akan melihat apa yang tampak. Tindakan yang akan mereka lakukan adalah tindakan reaktif. Tingkat kedua adalah pattern atau pola. Mereka yang berada di tingkat ini sudah mulai melihat pola yang membentuk suatu sistem. Tindakan yang akan dilakukan mereka yang berpikir pada tingkat ini biasanya bersifat proactive atau antisipatif. Tingkat yang terakhir adalah structure. Mereka yang berada di tingkat ini dapat melihat keseluruhan strucure sistem. Berpikir jauh kedalam melampaui apa yang tampak. Seperti iceberg dalam lautan, semakin ke dalam bongkahanan es akan semakin membesar. Semua tidak seperti yang terlihat..
Berpikir dengan system thinking mengharuskan kita melihat keseluruhan kejadian tidak hanya pada komponen dari suatu sistem, melihat rules behind the games bukan hanya melihat personal, melihat pola yang mendasari suatu kejadian.

Apa hubungan system thinking dengan berprasangka baik??
Jika kita sudah bisa menerapkan cara berpikir sistem yang baik, kita tidak akan melihat hanya dari kejadian yang tampak. Kita tidak akan bertindak reaktif (meskipun tindakan reaktif terkadang bagus juga untuk situasi tertentu). Lihat ada apa di balik suatu kejadian? Apa yang mendasari seseorang/sekelompok orang bertingkah laku seperti yang terlihat?
Orang-orang yang selalu berprasangka baik secara tidak sadar juga telah mengamalkan cara berpikir ini. Mereka tidak hanya melihat sesuatu dari apa yang tampak di mata mereka. Hati bersih mereka akan menyuruh mereka untuk mencari alasan di balik setiap tindakan yang orang lain lakukan. Tidak secara langsung menghakimi seseorang/sekelompok orang hanya dengan melihat event. Melihat kebijakan seorang pemimpin yang kontroversial, yang akan dilihat adalah apa yang mendasari kebijakan tersebut. Melihat seorang sahabat melakukan sesuatu yang menurut kita kurang baik, coba telaah alasan dia melakukannya. Melihat seorang dai/dai’ah berceramah di TV dengan gaya sangat ‘cair’, tentunya ada alasan yang membuat beliau-beliau melakukannya..

System thinking bisa mengarahkan seseorang menjauhi prasangka yang buruk sebelum mengerti benar keseluruhan jalan cerita. Melihat jauh melampaui yang nampak, tidak akan menyalahkan personel, memahami sistem, dan pada akhirnya akan mencoba untuk mengubah sistem ke arah yang lebih baik.
Jika dilihat dengan diagram sebab akibat mungkin bisa jadi seperti ini

Causal Loop Diagram

Yah, it’s just my thought 🙂

“Kalian sudah bisa memahami system thinking ini. Gunakan sampai akhirnya nanti kalian menjadi pembesar-pembesar negeri ini. Jangan pernah lupakan.”
Pesan dari ibu dosen selepas presentasi tugas

Pesan dari guru si Mulan kecil versi animasi
“Semua tidak seperti yang terlihat..”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s