[Ramadhan-19] Menyelami Kedalaman Samudera An-Nas

Assalamua’alaikum wr wb,,,

Surah An-Nas berisi tentang tauhid kepada Allah (tauhidullah). Tauhid yaitu menjadikan Allah sebagai satu-satunya yang mempengaruhi pikiran, perasaan, gerak hidup kita.

Ada 3 bahasan yang dibahas pada kajian tafsir surah An-Nas kali ini. Tauhid Rububiyah, Tauhid Mulkiyah, dan Tauhid Uluhiyah.

Tauhid Rububiyah
Yaitu mengakui bahwa Allah SWT satu-satunya Maha pencipta dan Maha Kuasa. Orang kafir pun mengakui tauhid ini.
“Dan sungguh, jika Kamu bertanya kepada mereka, ‘Siapakah yang menciptakan mereka’, niscaya mereka menjawab, ‘Allah’.” {43:87}

Tauhid Mulkiyah
Yaitu keyakinan bahwa manusia sepenuhnya ada di tangan Allah. Tidak ada siapapun yang bisa mengatur diri kita kecuali Allah. Meyakini bahwa tidak ada yang berhak memiliki dan menguasai dan memutuskan apapun untuk hidupnya dan kehidupan manusia selain Allah SWT.

Tauhid Uluhiyah
Meyakini bahwa tidak ada yang berhak ditaati dan dipatuhi kehendaknya selain Allah. Penghambaan total hanya kepada Allah.

Laa Ilaaha Illallah adalah kalimat tauhid yang mengandung maksud tiada yang mempengaruhi pikiran, perasaan, dan gerak hidup kita kecuali Allah. Illah adalah segala sesuatu yang mempengaruhi pikiran, perasaan, dan gerak hidup kita.

Kandungan surah ini begitu luar biasa. Kepasrahan total kepada Allah. Ketika berbuat baik kepada kedua orang tua, ketika berbuat baik kepada sesama, semua itu dilakukan semata-mata karena Allah menyuruh kita. Bukan hanya semata-mata patuh kepada orang tua tapi karena Allah menyuruh kita berbuat baik kepada mereka. Bukan karena ada tata cara dalam masyarakat yang harus kita patuhi tapi karena Allah sudah mengatur dan menyuruh kita berbuat baik kepada tetangga.

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu.” {51:56}

Setiap kejadian terjadi atas kehendak Allah. Pribadi yang sudah tersibhgah oleh surah An-Nas maka akan segera mengoreksi diri jika ada yang mencemarkan diri dan hatinya selain Allah.

~Karena hidup bukan urusan kita dengan manusia, tapi urusan kita dengan Allah~

Ust. Syatori
masjid Nurul Asri

Hanya merenung, sudah sejauh mana kutempatkan Allah dalam hatiku…??
Berapa banyak illah-illah lain yang bercongkol kuat di hati selain Allah..??
Allah yang membuatmu ada di dunia ini, Allah yang menyediakan semua kebutuhanmu, Allah yang paling mengerti dirimu melebihi pengetahuanmu tentang dirimu sendiri, apalagi yang membuatmu berpaling dariNya??

“Barangsiapa dikehendaki Allah akan mendapatkan hidayah (petunjuk), Dia akan membukakan dadanya untuk menerima Islam.” {6:125}

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s