Scorpious

Tengah malam biasanya dia akan kelihatan tepat diatas kepala. Dongakkan kepala dan cari kumpulan bintang yang mirip kalajengking dengan sebuah bintang merah yang agak terang di dalamnya. Gotcha..u’ll find it.. 😀

scorpio 2

Beberapa mengatakan sulit untuk menemukan rasi bintang ini. Tapi justru inilah rasi bintang yang paling mudah saya temukan selain crux, si salib, tentunya. Bentuknya nyaris mirip dengan kalajengking. Sebuah bintang besar berwarna merah, si antares, tepat berada di hati yang menghubungkan kepala dan badan si kalajengking. Scorpio biasa digunakan sebagai petunjuk arah selatan atau tenggara.

scorpio 1

Cerita rasi bintang tidak akan lepas dari mitologi yunani. Dikisahkan bahwa Orion, seorang pemburu perkasa, membual pada Dewi Artemis dan ibunya, Leto, bahwa dia akan membunuh semua binatang di bumi. Artemis, yang juga seorang pemburu, lebih menghendaki perlindungan pada semua makhluk di muka bumi. Akhirnya Artemis dan Leto (ada versi yang mengatakan yang mengirim adalah Dewi Bumi, Gaia) mengirimkan Scorpion untuk bertarung dengan Orion. Hasilnya, Orion kalah dicapit si Scorpion. Zeus, raja semua dewa, yang mendengar cerita pertarungan tersebut menempatkan Scorpion di langit. Atas permintaan Artemis maka Orion pun ditempatkan di langit sebagai pengingat manusia untuk tidak terlalu meyombongkan dirinya.
Dalam versi lain dikisahkan bahwa Orion adalah seorang pemburu yang lebih baik dari Antares tapi dikatakan bahwa Artemis lah yang lebih baik darinya. Sehingga Artemis mulai menyukai Orion. Apollo, saudara kembar Artemis, mengetahui hal itu menjadi marah dan mengirim Scorpion untuk mengalahkan Orion. Setelah Orion terbunuh, Artemis meminta kepada Dewa Zeus untuk meletakkan Orion di atas langit. Sehingga setiap musim dingin Orion akan berburu di langit, tapi setiap datang musim panas dia akan terbang jauh meninggalkan langit karena kedatangan Scorpion.

Dalam kisah yang lain dimana tidak terdapat si Orion di dalamnya, diceritakan bahwa Phaeton, keturunan Helios, datang kepada ayahnya yang telah bersumpah atas nama Styx untuk mengabulkan apapun keinginan putranya. Keinginan Phaeton adalah mengendarai Sun Chariot, kereta kuda yang membawa matahari mengelilingi langit, milik ayahnya. Helios mencoba membujuk Phaeton untuk mengubah permintaannya tapi Phaeton masih tetap berkeras memintanya. Ketika datang hari dimana Phaeton akan mengendarai Sun Chariot, dia mulai panik dan kehilangan kontrol terhadap kuda putih yang menghela kereta bermuatan matahari tersebut. Bumi menjadi terlalu dingin karena Phaeton membawa Sun Chariot terlalu tinggi dari bumi hingga berjumpa dengan Scorpion. Sengatan Scorpion yang mematikan membuat Phaeton membawa Sun Chariot menukik terlalu tajam ke Bumi sehingga seluruh vegetasi yang hidup di atasnya terbakar. Tanpa sengaja, Phaeton mengubah sebagian besar Afrika menjadi gurun pasir dan menghitamkan kulit bangsa Ethiopia hingga menjadi hitam. Akhirnya oleh Zeus Phaeton dicemplungkan ke dalam sungai Eridanos.

Sekilas tentang Scorpios, yang tidak kebetulan juga adalah bintang saya..ehehehe..si narcissus muncul
Don’t forget to find and take a look on it 😀

Gagal fokus baca paper…arghhhh

1st time, night at main library

Sumber cerita
http://en.wikipedia.org/wiki/Scorpius

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s