Percaya Diri??

Manusia itu lemah, Allah yang kuat. Manusia itu tidak bisa melakukan apa-apa selama Allah belum bergerak untuk memberi kekuatan melakukan sesuatu.
Ada yang perlu dibenahi dari konsep percaya diri yang selama ini diyakini. Jika kita membaca atau mendengar tentang training motivasi sering kita di ajari untuk percaya pada kekuatan diri kita sendiri.
“Kita pasti bisa!!”
Yah, kata-kata semacam itulah. Secara tidak sadar hal tersebut mengajari kita untuk bergantung pada diri kita sendiri, self centered. Padahal di dunia ini harusnya konsep yang dipegang adalah Allah centered.

“Ya Allah, dengan rahmatMu aku berharap, maka janganlah Engkau serahkan urusanku kepada diriku, walau sekejap, dan perbaikilah keadaanku seluruhnya. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah dengan benar kecuali Engkau.” (HR. Abu Dawud)

Rasulullah pun meminta pada Allah agar jangan sekali-kali Allah membuat beliau bergantung pada diri beliau sendiri. Dan Rasulullah lah sebaik-baik contoh.
Jadi bagaimana??
Ustadz Faudhil Adzim menggunakan konsep tauhid alih-alih konsep percaya diri kepada anak beliau untuk membangun mental sekaligus akidah anak beliau. Daripada mengatakan
“Bismillah Nak, insya Allah bisa..”
Beliau lebih memilih kata-kata
“Nak, kita lemah tapi Allah Maha Kuasa..”
Mengembalikan semuanya kepada Allah. Semua yang kita lakukan adalah atas ijinNya. Tak mungkin lah kita bisa melakukan sesuatu jika Allah tidak berkenan kita melakukannya.
Keyakinan akan Allah itu lah yang dapat merevolusi mental kita. Ketika Allah sudah besar di hati kita maka tidak ada sesuatu yang dapat melemahkan kita. Kita yakin Allah akan membantu kita. Semakin kita merendahkan diri di hadapanNya semakin Allah menguatkan kita..
Jadi inti hidup itu mengembalikan semua kepadaNya…

Ini saya kasih taujihnya Ustadz Fauzil Adhim 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s