Istiqomah Beramal

Assalamu’alaikum Wr Wb..

Rasulullah SAW bersabda,
“Sesungguhnya Allah mencintai seseorang diantara kalian yang apabila beramal senantiasa merutinkannya”
(Hadits hasan riwayat al-Baihaqi dalam kitab Syua’bul Iman)

IMG-20150423-WA0004

Faidah Hadits
Dalam hadits ini Rasulullah SAW menjelaskan kepada kita suatu sifat yang dicintai Allah dari hambaNya, yaitu apabila seorang hamba sedang beramal maka dianjurkan untuk merutinkannya sehinggga ia bisa memperoleh kecintaan Allah. Apabila Allah sudah mencintai seorang hamba maka Allah akan merahmatinya dengan memasukkannya ke surga.

Yang dimaksud beramal disini adalah amalan ibadah seperti shalat, puasa, sedekah, maupun amalan duniawi yang ada kaitannya dengan ibadah dan agama seperti belajar, bekerja, berdagang, mengajar, berdakwah, berolahraga, jika semuanya diniatkan untuk membantu kepentingan Islam dan kaum muslimin.

Kemudian yang dimaksud dengan merutinkan amalan adalah menyempurnakan dan melaksanakan dengan sebaik-baiknya tanpa melalaikan serta konsisten terus menjaga rutinitas amalannya walaupun sedikit. Karena jika amalam tersebut terus dilakukan maka akan memudahkan mendapatkan khusnul khotimah ketika ajal tiba. Karena seseorang akan meninggal dalam keadaan amalan yang paling sering dilakukannya. Dan tidak disyaratkan harus amalan yang keras atau berat karena jika amalan itu ringan maka akan semakin mudah untuk terus dilakukan secara sempurna.

Begitu pula ketika ia selalu merutinkan amalannya, maka ia telah menjaga kecintaan dan keridhoan Allah padanya, sehingga akan membuahkan rahmat Allah baginya di hari kiamat.

Semoga Allah menjadikan kita termasuk hamba-hambaNya yang dicintaiNya.

Ust Akhmad Fahrisan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s