Istiqomah Beramal

Assalamu’alaikum Wr Wb..

Rasulullah SAW bersabda,
“Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amalan yang rutin dilakukan meskipun sedikit.”
(Hadits shahih, riwayat Bukhari dan Muslim)

Penjelasan Hadits

Hadits ini berisi anjuran untuk rutin dalam melakukan suatu amalan ibadah meskipun hanya sedikit. Mengerjakan suatu ibadah yang sedikit namun terus-menerus adalah lebih baik daripada melakukan ibadah yang banyak sekaligus di suatu waktu tertentu saja kemudian mengabaikannya di waktu yang lain.
Karena, apabila seseorang melakukan suatu ibadah yang meskipun hanya sedikit namun dilakukan terus menerus maka dia berarti akan terus berada dalam kondisi beribadah dan terus menjalin ikatan dengan Rabb nya tanpa terputus. Sehingga, jikalau sewaktu-waktu datang ajalnya, maka dia sedang berada dalam kebaikan karena terus melakukan ibadah.
Berbeda halnya dengan orang yang melakukan suatu ibadah secara sekaligus banyak di suatu waktu tertentu kemudian mengabaikan ibadah tersebut di waktu yang lain. Bisa jadi, ajalnya datang di saat dia sedang lalai dan meninggalkan ibadah sama sekali. Oleh karena itulah, amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amalan-amalan yang terus menerus dikerjakan meskipun hanya sedikit.
Semoga Allah menjadikan kita orang-orang yang terus menerus menjalankan ibadah kepadaNya dan menjadikan hari-hari kita penuh dengan kebaikan. Sehingga kita telah siap kapan pun ajal mendatangi kita.

Ustadz Riki

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s