[Catatan Ramadhan 1436 H] Perfect Puzzle

21 Desember 2010, hari keberangkatan Michiru dengan takdir yang baru
“Tapi, dengan begini aku lega. Lebih baik seperti ini.” kata Shuta sambil tersenyum getir menahan tangis setelah membaca surat beramplop biru. Memandang ke arah Saku dan Michiru. Ia cerna kembali semua akhir cerita yang sama sekali di luar dugaannya.
Waktu kembali menghitung mundur. Menelan semua ingatan kenangan masa lalu mereka yang sangat berharga.

1,2,3..
Dan dia menjadi orang asing di tengah mereka.

21 Desember 2012, hari peringatan kematian Saku
Di kamar Saku, Shuta temukan benda itu. Sebuah mesin waktu. Dan dimulailah perjalanan membolak-balik waktu. Sebuah perjalanan untuk mengubah sebuah takdir yang sudah tertulis sempurna. Sebuah perjalanan untuk menghidupkan kembali sahabatnya yang sudah mati. Sebuah perjalanan untuk mengembalikan kembali senyum sahabatnya yang lain.

20 Desember 2010, sehari sebelum keberangkatan Michiru dan kematian Saku
“Ini. Tolong berikan pada Saku.” kata Michiru pada Shuta sambil menyodorkan sebuah surat beramplop biru.

21 Desember 2010, hari kematian Saku
Saku berlari mengejar Michiru sambil membawa surat beramplop biru. Apa daya, jantungnya yang lemah membuatnya meninggal bahkan sebelum sempat mencapai stasiun tempat keberangkatan Michiru. Shuta tergugu. Saku meninggal, Michiru pergi meninggalkan Jepang. Ia kehilangan 2 sahabat baiknya.

“Takdir yang lebih buruk akan terjadi, jika kau mencoba mengubah sejarah. Ada alasan mengapa kita harus menjaga sejarah dan tidak mengacaukan hukum alam.”

Nasihat itu disampaikan oleh seorang Time Prisoner kepada Shuta. Mengingatkan segala konsekuensi dari tindakannya. Dan, ya, cerita ini akan menjadi indah jika keadaan kembali seperti semula. Keadaan ketika semua berjalan seperti takdir yang sudah tertulis sempurna. Memang akan ada sebuah kehilangan, tapi akan ada sebuah kebahagiaan lain yang tercipta dan semua kenangan yang berharga itu akan tetap ada.

==============

Bingung??
Ya, kisah-kisah tentang mesin waktu memang selalu membingungkan. Bermain dengan logika, mengurai keterkaitan setiap waktunya.
Ada saat ketika kita ingin mengulang kembali waktu. Mengubah hal-hal yang ingin kita ubah. Ada sesuatu yang terkadang membuat kita tidak mengerti tentang semua skenario ciptaanNya. Ada kisah yang kita sangka sebagai sebuah ujian padahal itulah sebuah nasihat dariNya untuk mengarahkan kita. Membuat kita kembali lebih dekat padaNya. Menjadi sebuah akhir yang bahagia. Ada kala kita diberi sebuah kisah bahagia yang terkadang membuat kita melupakanNya. Kisah bahagia yang hanya akan membuat kekosongan jiwa. Ada hal-hal yang sangat halus yang tidak bisa kita lihat di balik setiap detail alur kisah yang Ia tuliskan. Tapi, yakinlah. Alur cerita yang ingin dikarang oleh seorang yang lemah seperti kita, tak akan ada apa-apanya dibandingkan alur cerita ciptaanNya. Karena Dia itu Maha Sempurna.
Dan ketika kita disodorkan sebuah mesin waktu, kita pun tahu jawabannya. Tak akan pernah ada kata “seandainya”.

“There are pieces of your life, moments, events, decisions, and you saw no significance in them when they happen. You may even despair. It’s only when time goes by and you look back and suddenly you can see your whole life like a perfectly designed puzzle. Don’t be afraid of the puzzle piece you’re in now. It’ll fit perfectly..just like the rest. How could it not? The Designer is perfect.” __Yasmin Mogahed__

Kepingan-kepingan puzzle itu sudah Allah sediakan untuk kita. Kita hanya perlu meminta petunjukNya untuk mendapatkannya. Sampai suatu saat kita bisa tersenyum bahagia ketika meletakkan puzzle terakhir kita di dunia, kematian.

Ramadhan day 6
Lovely home

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s