From Spygomb to Pamtkla

“Dulu SMA nya mana?” kata beliau
“SMA 1 Klaten, Bu” jawabku
“Angkatan berapa?” lanjut beliau
“2005..” kataku
“oh, saya 2003. Berarti kita masih satu sekolah ya. Kamu kelas 1, aku kelas 3” sambung beliau

Aku bengong…ternyata responden kali ini adalah senpai saya sendiri. Dan hal sepenting itu baru saya tahu setelah sesi wawancara selesai..alamakk
Setelah itu saya ganti panggilan beliau dengan Mbak..hoho. Dari awal pun sudah berubah-ubah manggilnya kalo gak Bu, kalo gak yo Mbak. Awalnya manggil Mbak, begitu tau beliau profesi aslinya dokter gigi, ganti jadi Bu. Trus setelahnya, sak metune..kadang Mbak kadang Bu. Labil..

Beliau sebut nama anak 2005 yang beliau kenal. Dan tepat seperti perkataan Steven Wright,

“Whenever I think of the past, it brings back so many memories.”

My high school’s memories come and fly to my mind…
Dari kelas A-I tertakdirlah saya berada di kelas terakhir. Kelas paling pojok diapit kelas 2A dan 1H. Kelas paling dekat jalan raya hingga teriakan kenek angkot pun terdengar. Kelas yang konon katanya pernah dipakai untuk gantung diri…
Dari sekian banyak tempat duduk, tertakdirlah saya berada di barisan ke-2 dari belakang pojok paling kiri sebangku saya adalah Ambar.
Belakang saya adalah…si rahmat murtono aka Tono, yang deskripsi lengkapnya bisa dibaca di sini. Sampe si mbulak pun spesial membuat tulisan tentang kisah si Tono dari Drono ini..fyuhh~
Depan saya adalah…lupaa..hahaha..ceritanya ke belakang melulu gegara si Tono dan si Rambul yang suka gaduh.
Sampai suatu hari ketika ada satu mata pelajaran yang kosong, mulailah kita berimprovisasi. Drum band kelas pun dimulai. Suara berirama keluar dari tangan-tangan kosong yang mengetuk-ngetuk meja masing-masing. Awalnya pelan, lama-lama seperti tersihir, jadilah orkestra rock kelas pojok stadion version. Semua terbuai akan indahnya alunan irama rock versi anak baru lulus esempe hingga tanpa sadar guru matematika tersangar seantero sekolah masuk. Mak klakepp…semua berhenti. Hening…

“Kelas Gombal” teriak si bapak guru.

Dan eureka…pas sekali. Kita lagi nyari nama yang tepat untuk kelas kita. Terima kasih untuk si bapak yang sudah memberikan inspirasinya sehingga lahirlah nama ini “SPYGOMB”. SPY dari asal Samping Stadion karena memang kelas kita sebelahan sama stadion Trikoyo, stadion sepakbolanya Klaten. Dan GOMB dari kata GOMBal..ahahaha. We are Spioner Pojox Complex Community..
Dan kelas inilah yang membuat saya kerasan di sekolah. Kelas inilah yang membuat saya tidak betah jika libur terlalu lama. Everyday is laughing day …

“Nah ini, salah satu yang bikin saya suka ngajar di kelas ini” kata Pak Kus, guru PPKn setelah kita diam dari menertawakan banyolan beliau.
“Kelas ini kalo ketawa bareng semua. Gak ada yang telat, gak ada yang kecepeten. Kecerdasan rata-rata kelas hampir sama. Saya kalo ngelucu di kelas lain beda-beda reaksinya, ada yang tertawa memang pas bagian yang lucu, ada yang telat.”

Ini pujian atau sindiran ya Pak

~0~

“Dulu kosnya dimana??” tanya si Mbak
“Daerah kawasan depan Cakra Mbak” jawabku

Melayanglah ke kos Mas Hoho dan para penghuninya, ini salah satunya. Kos dari beragam SMA, mulai dari SMK sebelah SMANSA sampe SMA PW. Kos tanpa nama yang akhirnya diberi nama sesuai nama pemiliknya, Hoho’s cost.


~0~

“Kuliah S1 dimana?” lanjut beliau
“Bandung Mbak, STT” jawabku
“Ada perkumpulannya gak disana?” tanya beliau lagi
“Ada Mbak, Pamtkla” jawabku
Dan mulailah beliau menyebutkan nama-nama teman beliau yang kuliah di sana.

Melayanglah ke suatu hari dimana pertama kali kita memulai menuju kehidupan di daerah yang jauh dari sanak saudara. Di terminal bus Klaten, bus Bandung Express, itulah untuk pertama kali kita, anak-anak baru dari Klaten, ditemani senior-senior baikkk hati itu memulai perjalanan. Satu hal yang saya ingat jelas adalah..lambaian tangan para pengantar yang jumlahnya, amboiii. Amazing..Saya cuma dianter sama bapak saya, temen saya ada yang dianter komplit semua anggota keluarganya, dari ibu bapak sampai semua saudara kandungnya.
Dan setelah itu tahulah kita, bahwa ada perkumpulan anak klaten di STT. Pamtkla, Paseduluran Mahasiswa Trah Klaten. Beragam rupa anak manusia ada disini. Mulai dari yang alim sampe slengekan puol.
BJS 143 jadi salah satu sarang anak-anak Klaten. Kos deket jalan raya yang jauuhh dari kampus. Depan kos wanita, belakang pria. Enaknya adalah..banyakk..hahaha. Salah satunya, saat-saat awal kuliah masih ada TP sebelum praktikum Fisika (hyakk,,momok buat saya), tinggal tunggu anak-anak belakang ngerjain. Setelah itu, uncalke ke depan. Syaratnya mudah, kita yang cewek cuman harus ngumpulin pagi-pagi sebelum deadline. Simbiosis mutualisme, cowok-cowok slengekan berotak encer yang ngerjain, cewek-cewek yang rajin bangun pagi tugasnya ngumpulin..hoho. Satu hal yang saya acungi jempol dari anak-anak klaten ini adalah selugu-lugu wajah mereka, sebanyol-banyolnya mereka, selama-lamanya mereka maen DoTa tetep aja kalo ngerjain tugas kampus cepet, fyuhh~. Tugas kelompok praktikum prokom pun dibantu sama Mas Triadi, padahal sampe begadang malam-malam..hohoho, matur nuwun sanget Mas. Bahkan sampe sekarang pun saya masih suka minta bantuan mereka-mereka yang bekerja di Rumah Sakit samping fakultas saya :mrgreen:
Gayub rukun gayeng tetep menjadi andalan ketika sebuah komunitas yang berasal dari daerah yang sama berada di tempat asing. Nama Paseduluran bukan hanya sekedar nama, tapi memang terealisasi nyata. Traelling, briefing ke SMA-SMA di Klaten, Try Out, buka bersama, halal bihalal di Klaten dan di Bandung, dan aneka rupa acara lainnya tersaji bersama.

Satu postingan tak akan cukup mengungkap semua memori. Semua foto pun dari yang Spygomb sampe Pamtkla terkubur bersama di PiCi yang sedang hibernasi sejak dibawa pulang kerumah (entah kapan bisa dinyalain lagi..hikss, datane).

“Sometimes you never know the true value of a moment until it becomes a memory” said Michelle Collins

2 comments on “From Spygomb to Pamtkla

Leave a Reply

