Ibadah yang Paling Utama adalah Do’a

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh..

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Ibadah yang paling utama adalah do’a.”
(Hadits shahih, riwayat al Hakim. Lihat Shahiihul Jaami’ no. 122)

Penjelasan Hadits
Doa termasuk ibadah, sebagaimana firman Allah Ta’ala,
“Dan Tuhanmu berfirman, “Berdo’alah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina.” [40:60]

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Berdo’a merupakan ibadah yang agung. Seseorang yang berdo’a kepada Allah, maknanya dia menyadari bahwa hanya Allah lah yang patut dijadikan sandaran, kepadaNya kita meminta dan memohon pertolongan serta ampunan.”

Dengan demikian, akan tampak sikap tunduk, patuh, dan merendahkan diri di hadapan Allah tatkala dia berdo’a. Berdo’a merupakan perbuatan yang Allah cintai dan ridhai karena Allah memerintahkan hambanya untuk berdo’a (sebagaimana tercantum dalam Q.S Ghafir: 60)

Berdo’a dikatakan sebagai ibadah yang paling utama, tidak lain karena perbuatan syirik yang paling banyak dan sering terjadi adalah syirik dalam do’a. Yaitu menjadikan makhluk sebagai sekutu bagi Allah dalam mewujudkan suatu do’a. Seperti seseorang yang memohon kelapangan rezeki kepada Allah dan wali fulan.

Dari sini jelas bahwa berdo’a merupakan ibadah yang paling agung yang hanya ditujukan kepada Allah semata. Seseorang yang berdo’a memohon sesuatu kepada Allah (bukan dalam urusan dosa atau memutuskan silaturahmi), niscaya Allah akan mengabulkannya. Bisa jadi dikabulkan di dunia atau disimpan di akhirat, atau akan dipalingkan dari hal yang buruk. (Lihat Shahih Adabul Mufrad no 547)

Oleh karenanya, mari kita bersyukur kepada Allah atas hidayahNya kepada kita berupa kemauan dan kemampuan untuk berdo’a. Dan kita berdo’a kepadaNya agar memasukkan kita ke dalam surgaNya dan dijauhkan dari panas api nerakaNya. Aamiin.

Wallahu ‘alam.
Wallahul muwaffiq.

Ustadz Ridwan Arifin hafidzahullah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s