Orang Kafir Tidak Mewarisi Orang Muslim, Vice Versa

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu..

Dari Usamah bin Zaid radhiallahu’anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Orang muslim tidak mewarisi harta orang kafir, begitu juga seorang kafir tidaklah mewarisi harta orang muslim.”
(Hadits shahih riwayat Bukhari dan Muslim)

IMG-20151230-WA0001

Penjelasan Hadits
Hadits diatas merupakan salah satu di antara hadits-hadits yang berbicara tentang permasalahan harta warisan di dalam hukum Islam. Islam adalah agama yang sempurna dan menyeluruh dalam semua aspek kehidupan manusia. Syariat Islam mencakup segala hal berkenaan dengan manusia ketika dia hidup dan juga setelah dia meninggal. Diantara hal yang diatur di dalam Islam adalah harta warisan yang dia tinggalkan untuk anak keturunannya.

Dan, diantara hukum syariat Islam tentang harta warisan adalah bahwa Islam menetapkan tidak ada saling mewarisi antara seorang Muslim dengan seorang kafir meskipun keduanya adalah kerabat paling dekat.

Maka, hadits diatas menjelaskan bahwa harta seorang Muslim yang telah meninggal tidak boleh diwariskan kepada ahli warisnya yang kafir. Sebagaimana seorang muslim juga tidak boleh mewarisi harta orang kafir meskipun dia adalah sebagai ahli warisnya.

Hal ini menunjukkan bahwa hubungan kekerabatan tidaklah berharga ketika telah dipisahkan oleh kekafiran. Namun, bukan berarti hak kerabat diabaikan dan tidak diperlakukan secara ma’ruf. Bahkan, Islam menetapkan bahwa hak kerabat lebih didahulukan dari orang lain selama tidak bertentangan dengan syariat Islam. Sebagaimana Allah Subhanallahu wa ta’ala berfirman,
“Dan Kami wajibkan manusia berbuat baik kepada kedua ibu bapaknya. Dan, jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu lakukan.” [29:8]

Ustadz Riki hafidzahullah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s