Dzikir yang Akan Menghapus Dosa Sebanyak Buih di Lautan

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu..

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Barangsiapa mengucapkan ‘Subhanallahu wa bihamdihi.’ sebanyak seratus kali dalam sehari, maka akan diampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.”
(Hadits shahih riwayat Bukhari dan Muslim)

IMG-20160128-WA0017

Penjelasan Hadits
Hadits ini menunjukkan tentang keutamaan berdzikir dengan mengucapkan ‘subhanallahu’ (Maha Suci Allah dan Aku memujiNya). Dzikir ini mengandung pujian sekaligus pengakuan bahwa Allah lah Rabb yang Maha Suci dari segala kekurangan dan apa pun yang tidak pantas bagiNya dan Dia-lah yang memiliki sifat-sifat sempurna dan agung.

Kalimat pertama dari dzikir tersebut adalah ‘subhanallahu‘, maknanya adalah ‘aku mensucikan Allah dari segala hal dan sifat kekurangan yang tidak sesuai dengan keagunganNya‘.

Kalimat kedua dalam dzikir tersebut ‘wa bihamdihi‘, maknanya adalah ‘dan aku memuji Allah dengan segala pujian yang dimilikiNya karena Dia lah pemilik sifat-sifat yang paling sempurna dan mulia‘.

Dzikir tersebut dianjurkan untuk diucapkan setiap hari sebanyak seratus kali berdasarkan hadits diatas. Dan, ganjaran yang didapatkan merupakan sebuah ganjaran besar berupa pengampunan atas dosa-dosa yang dilakukan betapapun banyaknya dosa tersebut.

Semoga Allah memasukkan kita ke dalam golongan hamba-hambaNya yang senantiasa membasahi lidah mereka dengan berdzikir kepada Allah. Aamiin.

Ustadz Riki Lc hafidzahullah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s