Sambunglah Tali Silaturahim

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu..

Dari Anas radhiallahu’anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Barangsiapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dikekalkan jejaknya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung tali silaturahim.”
(Hadits shahih riwayat Bukhari dan Muslim)

IMG-20160105-WA0043

Penjelasan Hadits
Berharap agar pintu-pintu rizki dibuka adalah keinginan setiap manusia. Namun, sedikit sekali yang mengetahui petunjuk yang benar untuk meraihnya. Cuma berdalih label mujarab, mereka mengambil jalan perdukunan, pesugihan, dan amalam lainnya yang tidak berlandaskan pada Al Qur’an dan Sunnah. Allahul Musta’an.

Hadits diatas menjadi solusi syar’i bagi siapapun yang berharap agar rizkinya diluaskan yaitu menyambung tali silaturahim dengan mereka yang memiliki hubungan kerabat ataupun pertemanan. Dan tentunya, ia juga harus ikhlas karena Allah dalam perbuatannya bila ingin mendapatkan keutamaan tersebut. Dan perlu dijelaskan bahwa pelaku silaturahim yang sebenar-benarnya adalah mereka yang tetap menyambung tali silaturahim meski sudah diputus (tanpa alasan yang benar). Sebagaimana sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam,
“Menyambung tali silaturahim yang didasarkan rasa balas budi bukanlah hakikat silaturahim yang sebenarnya. Akan tetapi, penyambung tali silaturahim sebenarnya adalah mereka yang tetap bersilaturahim meski telah diputus.” [HR Al Bukhari 5991]

Disamping melapangkan rizki, menyambung tali silaturahim juga dapat memperpanjang usia seseorang. Meski ada sebagian ulama yang memaknainya dengan keberkahan usia, namun tidak menutup kemungkinan bila usianya memang benar-benar bertambah, dan semua itu sangat mudah bagi Allah Ta’ala. Semua sudah Allah takdirkan baginya.

Semoga Allah memberkahi ilmu dan hidup kita.

Ustadz Ridwan Arifin Lc hafidzahullah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s