Sebarkanlah Salam Diantara Kalian

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu..

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman, dan kalian tidak akan beriman hingga kalian saling mencintai, maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang jika kalian melakukannya niscaya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam diantara kalian.”
(Hadits shahih riwayat Muslim, Ahmad, Abu Daud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

IMG-20160128-WA0013

Penjelasan Hadits
Hadits ini menunjukkan orang yang tidak beriman pada rukun iman yang enam dan tidak beriman pada ajaran yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bawa, baik pada sebagian ajaran beliau ataupun seluruhnya, niscaya tidak akan masuk surga. Sehingga, Iman merupakan syarat sah masuk surga.

Adapun bagian yang selanjutnya, saling mencintai sesama muslim merupakan syarat kesempurnaan iman, bukan syarat sahnya iman. Tidak mencintai sesama muslim tidak menghalangi seseorang dari masuk surga selama-lamanya, hal ini ditunjukkan oleh banyaknya dalil diantaranya hadits bithaqah (hadits kartu La ilaha illallah, Yaitu seorang lelaki yang dihisab oleh Allah memiliki 99 lembar catatan keburukan, yang tiap satu lembar catatannya sejauh mata memandang. Namun ada satu kartu -bithaqah- saja yang berisi catatan kebaikan yaitu berupa tauhid yang murni sehingga Allah mengampuni 99 lembar catatan keburukannya). Ia hanya memiliki pahala bertauhid. Hadits yang lain,
“Akan dihisab orang yang dari zaman sebelum kalian, dan ia tidak memiliki amalan kebaikan sedikitpun, hanya saja dahulu ia suka bergaul dengan manusia, dan ia adalah orang kaya, dan ia biasa memerintahkan budak-budaknya: ‘Maafkanlah orang-orang yang sulit (membawa hutang)’, lalu Allah berfirman: Kami lebih patut untuk melakukan hal itu (memaafkannya dan tidak menyiksanya)’.” [HR. al-Bukhari dan Muslim].
Ia pun hanya memiliki kebaikan itu saja.

Diantara tanda sempurnanya iman seseorang adalah memiliki sifat saling mencintai sesama muslim. Dan, menyebarkan salam dapat menumbuhkan perasaan saling mencintai sesama muslim.

Ustadz Varian Lc hafidzahullah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s