Cara Syaitan untuk Mencegah Ibadahnya Orang yang Sholat

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu..

Dari Jabir radhiallahu’anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Sesungguhnya syaitan telah berputus asa dari mencegah ibadahnya orang-orang sholat, akan tetapi caranya dengan membuat permusuhan diantara mereka.”
(Hadits shahih riwayat Muslim, Ahmad, dan at-Tirmidzi)

IMG-20160128-WA0012

Penjelasan Hadits
Syaitan tidak akan pernah berhenti menyesatkan manusia sejak zaman Nabi Adam hingga hari kiamat. Adapun dan bagaimanapun caranya syaitan selalu berusaha dengan berbagai cara dan tipu muslihat supaya hamba-hamba Allah tergelincir ke jurang neraka, bahkan orang-orang yang bertauhid pun masih belum lepas dari sasaran syaitan.

Ketika banyak manusia yang menyambut risalah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berduyun-duyun memeluk agama tauhid ini, syaitan masih saja belum berhenti menggoda mereka, maka walaupun syaitan telah kehabisan cara untuk mengembalikan mereka kepada kesyirikan dan putus asa untuk membuat mereka kekal di neraka, syaitan masih saja mengupayakan bagaimana supaya mereka tergelincir ke neraka. Maka taktik membuat kaum muslimin saling bermusuhan itulah yang diusahakan syaitan.

Kaum muslimin yang saling bermusuhan akan membuat orang kafir tertipu dengan fenomena tersebut sehingga tidak bisa melihat keindahan syariat Islam yang selalu mengajak kepada kedamaian. Dengan cara tersebut, orang-orang kafir akan semakin berpaling dari Islam dan enggan memeluknya. Inilah yang disukai syaitan.

Dalam hadits ini disebutkan salah satu ciri utama orang-orang mukmin yaitu menegakkan sholat, karena pemisah antara keimanan dan kekufuran adalah sholat. Karena itulah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, ‘syaitan berputus asa untuk disembah orang-orang yang sholat’ maksudnya adalah syaitan berputus asa dalam membuat orang-orang mukmin menyembah berhala dan kembali kepada kesyirikan, karena menyembah berhala berarti sama saja menyembah syaitan.

Kendatipun demikian, syaitan masih belum putus asa dalam menebarkan fitnah dan permusuhan diantara mereka.

Semoga Allah senantiasa melindungi kita dari segala jerat-jerat syaitan. Allahumma aamiin..

Ustadz Akhmad Fahrisan Lc hafidzahullah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s