Idealisme dalam Kemajemukan

Aku beruntung sisi kanan kiriku perempuan semua. Aman. Lingkaran manusia terus melebar. Tangan kananku berjabat erat dengan tangan kiri orang di sebelah kiriku. Tangan kiri berjabat erat dengan tangan kanan orang di sebelah kanan. Lagu Indonesia Pusaka berkumandang.

Alih-alih ikut menyanyi, aku mengamati lingkaran besar yang terbuat dari berbagai tipe manusia ini. Tak ada pemisahan laki-laki dan perempuan seperti layaknya organisasi-organisasi yang dulu aku ikuti.

Aku telusuri lingkaran ini dari ujung kanan menuju ke kiri. Dan, tepat di arah sekitar jam 10 aku melihatnya. Seorang laki-laki memotong lingkaran besar ini. Kedua tangannya bersedeku. Sisi kanan kirinya perempuan.

“Haik, hitori janai.”
Aku berseru dalam hati.

Imam syafi’i pernah berkata,
“Keraslah pada dirimu sendiri tapi lembutlah pada orang lain.”

Lalu bagaimana jika ‘kekerasan’ yang sedang berusaha dijadikan kebiasaan itu bersinggungan dengan kepentingan orang lain?? Dousuru?? Masih tetap keras atau melembutkan diri?? Islam itu mudah tapi jangan dimudah-mudahkan..

Beda prinsip, beda pemahaman, beda tingkah laku. Nilai waktuku mungkin beda dengan nilai waktu mereka, tapi pasti ada win-win solution. Pinter-pinter awakmu ae rek (sayange, aku bodo ik >,< ).

Sampai kau bisa menyesuaikan diri dalam kemajemukan tanpa meninggalkan idealisme dirimu yang seabrek itu, kau tak akan pernah bisa melihat aurora di norwegia…

Postingan tak terlalu penting dibuat di solo baru. Lagi-lagi ditemani hujan deras tanpa petir…huftt~

Advertisements

4 comments on “Idealisme dalam Kemajemukan

  1. Bisa saja lelaki itu bergeser / pindah posisinya, meminta dengan baik-baik agar berdiri di antara dua laki-laki agar lingkaran tidak terputus, tidak merusak tujuan membuat lingkaran dalam kerangka menjaga semangat persatuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s