Amanah-Amanah Kehidupan

Abu Bakar merasa paling bertanggung jawab atas keselamatan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sang purnama dari bani hasyim, ketika hijrah ke Mekkah. Hingga teramat cemaslah ia ketika orang-orang quraisy berada di depan gua Tsur. Selangkah mendekat, tampaklah kaki-kaki mereka di dalam gua.

Abu Bakar merasa paling bertanggung jawab atas keselamatan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika hijrah ke Mekkah. Sampai ketika keduanya berada di Gua Tsur, seekor ular mendekat ke arah kaki Abu Bakar. Bisa saja Abu Bakar menggeser kakinya menjauhi ular tersebut. Tapi ditepisnya keinginannya. Tak tega ia jika sampai ular tersebut menggigit Rasulullah. Maka, dijadikanlah kakinya sebagai tameng. Ular tersebut menggigit kaki Abu Bakar kemudian pergi. Kesakitan pun mendera Abu Bakar.

Ketidaktenangan menyelimuti Abu Bakar radhiallahu’anhu selama beliau merasa paling bertanggung jawab terhadap keselamatan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hingga Allah turunkan kalamNya,

“Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekkah) mengeluarkannya (dari Mekkah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya:’Janganlah berduka cita, sesungguhnya Allah bersama kita.’ Maka Allah menurunkan ketenanganNya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Allah menjadikan seruan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” {41:30}

Sakinahlah Abu Bakar…

Manusia dicipta lemah. Menanggung sekian banyak amanah kehidupan, sendirian ia tak kan mampu. Serahkan saja semua padaNya. Ia memberikan amanah-amanah kehidupan bukan untuk kita selesaikan tapi agar kita mendekat, sedekat-dekatnya kepadaNya. Lakukan syari’atnya dan biarkan Allah yang bekerja. Karena Ia-lah sebaik-baik Pelindung dan Penolong..

Morning, Sun (^^)\
Today, don’t lose again with the rain 🙂

[image]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s