Menulis Itu…

Entah sudah berapa kali judul diatas dipakai. Perjalanan dari bentangan lanjut ke tanjung dan kembali lagi ke samben tercinta dengan otak penuh berkelindan berbagai macam hal.

Menulis itu mengurai..ya itu aku sudah tahu. Tapi kemarin aku dapat insight baru, salah..tak ada yang benar-benar baru. Hanya penguraian dari apa yang terpikir, yang mungkin sebenarnya, sudah dilakukan sejak dari dulu.

Menulis itu menyimpan rasa. Apa yang kau rasa saat menulisnya, keputusan-keputusan apa yang kau ambil, dan alasannya semua ada disana. Ketika suatu saat di masa depan rasa masa lalu itu telah menghilang, dengan membaca lagi apa yang waktu itu kau tulis, kau akan paham. Lidahmu pun akan kelu untuk mengeluarkan sebuah keluhan. Apa yang terjadi saat ini adalah konsekuensi dari keputusan yang dulu kau pilih sendiri.

Kau akan kembali paham, seberapa berat perjuangan yang telah kau lakukan untuk bisa sampai ke apa yang saat ini kau jalankan. Kau akan kembali paham, bermacam alasan yang selalu kau pikirkan matang-matang sebelum mengambil sebuah keputusan meskipun terkadang kau menjalankannya secara spontan karena tekanan. Dan lagi-lagi, lidahmu akan kelu untuk menyampaikan sebuah keluhan.

Dunia itu melenakan, hawa nafsu itu menenggelamkan, dan setan selalu ada untuk menjerumuskan. Ketika di masa depan ketiganya bersama-sama menyerang, dan mengalahkan rasa keimanan. Tulisan ini menyimpan semua, rasa yang kau alami ketika menulisnya. Dan, pola hidup itu sejauh yang ku tahu selalu sama. Ketika pola itu muncul kembali di masa depan, kau hanya perlu membukanya kembali, file-file masa lalu yang terekam. Dan perubahan fase hidup itu selalu membutuhkan banyak tulisan…

Pada akhirnya, seluruh tulisan ini ditujukan bukan untuk siapa-siapa selain untuk yang menulisnya…

Thanks bloggie-chan…

Advertisements

4 comments on “Menulis Itu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s