April’s Astronomy

Astronomy’s time…iYeayyy (^^)/
Berhubung 2 malam ngantuk tapi gak bisa tidur dan berhubung kangen nonton si langit malam. Jadi, nge-virtual stargazing aja lah -kapan bisa stargazing beneran-…fyuhh~

Ada apa di bulan April??
“Ada April moppp…” kata anak-anak
Heleh…wis telat salah pula Nak..
eh, pertanyaannya salah juga ding.

Ada apa di langit bulan April??
Hujan Meteor Virginid
Jika ditanya apa fenomena langit yang belum pernah dilihat meskipun sudah nongkrong di atap jemuran sampai jamuran, ya ini si hujan meteor. Jadi Ya Allah, tolong jodohkan hamba dengan si showee ini ya… #khusyuk
((Intro yang menyedihkan Nak…))
Jadi, seperti namanya, hujan meteor virginid akan muncul dari dekat bintang Spica di rasi bintang virgo. Mau tau letaknya. Saya kasih tahu sini.. #ManggilMbakStella

Merah itu Virgo. Kuning itu Scorpio

Merah itu Virgo. Kuning itu Scorpio

Hujan meteor virginid akan mencapai puncaknya pada tanggal 12 April 2016. Tapi, waktu jatuhnya si bintang sudah dapat dilihat dari sekarang tanggal 7 April 2016 sampai nanti 18 April 2016. Kalo mau nyari letaknya si Virgo, kalo dilihat via Mbak Stella, bisa dilihat di langit sebelah selatan sekitar jam 2-an malam. Dia ada di dekatnya scorpio. Rasi bintang yang paling cepet saya kenali di angkasa..hoho. Scorpio saat ini sedang berjumpa mesra dengan saturnus dan mars, jadi cari aja si merah yang cahayanya tak berkedip-kedip. Kelihatan kok terangnya si mars (barusan nengok bentar keluar πŸ˜€ )

Kalo mau lihat, silakan tapi saya ogah. Karena hujan meteor virginid termasuk dalam hujan meteor minor atau hujan meteor yang intensitasnya kecil atau sedikit. Nongkrongin yang mayor aja gak dapet-dapet (-__-). Dan sayangnya lagi, gegara Mbak Stella udah tua dan belum di update dari sejak pertama donlot, plugin meteor shower pun tak tersedia…uguu~
Next lah next…

Hujan Meteor Lyrid
Kalo si virginid masuk minor maka lyrid ini masuk mayor. Dengan jumlah meteor bisa mencapai 18-90 meteor per jam. Waktu kejadiannya dari tanggal 19-25 April 2016 dengan maksimum peak rate nya pada tanggal 23 April. Dan seperti biasa, seperti namanya, si lyrid akan muncul dari rasi bintang lyra. Dimanakah itu?? Saya juga belum tahu. Mari tanya Mbak Stella..

Merah itu Lyra. Kuning itu Scorpio

Merah itu Lyra. Kuning itu Scorpio

Kalo saya tidak salah baca peta langitnya, sepertinya si lyra ini ada di langit utara. Antara utara dan timur itu namanya timur laut ya. Yah, pokoknya cari aja si mars. Deket-deket situ pokoknya. Dan, berhubung kedua hujan meteor ini susah nemu fotonya, jadi lanjut lah lanjut..

Bentangan Bima Sakti
April sampai Oktober adalah waktu yang tepat untuk melihat Galaksi Bima Sakti karena diprediksi musim kemarau akan mulai masuk di bulan ini. Jadi, pasti langit cerah dan tersibaklah keindahan langit malam. Para astrofotografer silakan beraksi disini.. πŸ˜€

Bima Sakti Diatas Taman Nasional Semeru

Bima Sakti di Langit Tj Pandan Belitung

Ini, gak tau dimana….

Sora wa kireina… n___n

Si Luna dan Saturnus akan reunian dan Scorpio sama Mars akan menjadi saksi reuni mereka

Moon, saturn, mars, scorpious

Moon, saturn, mars, scorpious

Saturnus akan berada pada jarak paling dekat dengan bulan pada tanggal 26 April 2016. Jadi, kalo ngeliat benda langit yang cahayanya tak berkedip-kedip di dekatnya si luna, nah itu si saturnus. Warnanya kuning keemasan. Kalo si mars warnanya merah. Scorpio ada di dekat mereka. Cari sendiri lah ya.. πŸ˜€

Pertanyaan terakhir,
Kenapa ketika malam tingkat kerandoman meningkat drastis?? Kapan saya bisa punya teleskop?? -_____-

Yoshh, sudahlah…lupakan

** Selamat Ngamat Para Pengamat Angkasa (^^)\ **

Link:
Link 1
Link 2
Link 3
Link 4
Image 1
Image 2
Image 3

Advertisements

22 comments on “April’s Astronomy

  1. Mbaa.. waktu aku Bromo tempo lalu juga, di perjalanannya maasya Allah langitnya keren banget ya, taburan bintang gitu, jangan2 itu bimasakti ya yg aku liat ~.~ Agustus 2015 kemarin ~~

    • bisa jadi Mbak…bisa jadi πŸ™‚
      cirinya bimasakti kan banyak bintangnya dan kelihatan debu antar bintangnya (yang membentuk pola)… πŸ˜€

      • WKwkwk iya Mbak πŸ˜€ aku aja kalah loh -_- dia bisa tuh keluar rumah sambil bilang ‘itu planet mars’ wkwk aku kan nggak percaya ‘Sotooooy’ terus dia bisa jawab ‘seriusan, aku liat di stelarium’ wkwkw

      • weehhh…adekmu keren Mas..beneran. Kecil-kecil udah canggih mainannya stellarium *tepuk tangan
        Dulu pas kecil cuma pake peta bintang hasil fotokopian buku pelajaran..haha
        Sini-sini tak adopsi jadi adekku aja dia :mrgreen:

      • Wkwkwkw iya Mbak πŸ˜€ kereen ._. aku aja sampai nggak ngerti kalau dia ngomongin tentang antariksa gitu -_- dia sampai pernah ngebela-belain bangun pagi buat liat bintang yang katanya itu saturnus -_- apaan deh dia nih wkwkwk

        Jangaaaan :3 dia adek kesayangan πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s