Persatuan Itu, Jagalah…

“Ketika ada dua orang siswa yang sedang bertengkar, aku akan mendudukkan mereka berdua dalam satu tempat. Mencoba berbicara dengan keduanya.” cerita seorang mantan guru SD yang menjadi seorang perdana menteri
“Lalu mencari solusi yang dapat diterima keduanya.” sahut sekretarisnya
“Bukan. Kalo seperti itu, terkadang tidak akan pernah selesai masalahnya. Harus ada salah satu yang mengalah. Mengakui kalo dia yang salah.” lanjutnya tenang.

Sebuah pendekatan negoisasi yang berbeda dari umumnya. Entah, berapa kali perjanjian damai yang pada akhirnya kembali teringkari. Oke, kalo yang satu ini memang tak akan pernah ada kata damai. Yang satu harus memusnahkan yang lain. Begitu kan katanya. Tapi internal, berapa islah yang akhirnya hanya menimbulkan perpecahan?? Berapa golongan yang merasa mereka yang paling benar??

Tak bisakah kita kembali pada satu tujuan dan pemahaman?? Lillah, Al Qur’an, dan sunnah. Bukan hanya slogan yang dimiliki tiap golongan, tapi benar-benar kembali pada Al Qur’an dan sunnah lewat jalan yang benar. Jalan yang terhubung sampai ke Nabi Muhammad. Tak bisakah kita tinggalkan fanatisme golongan atau taqlid buta yang tak tahu apa-apa?? Tak bisakah sedikit berpayah mengilmui Islam dengan pemahaman yang benar??

Ayolah, mari bersatu. Ada hati-hati yang hancur tiap kali melihat atau mendengar ummat ini saling menyalahkan satu sama lain atau mencaci saudara sendiri. Hati yang selalu dijaga agar tetap tenang itu akan ada yang terluka, perih. Pikiran yang selalu dijaga agar tetap dingin itu perlahan-lahan akan memanas. Ada apa dengan ummat ini?? Musuh-musuh itu semakin mendekat. Tak terlihatkah?? Atau memang sebenarnya kita sudah terjerat masuk ke dalam jaring laba-laba buatan mereka??

“Always warming your heart and cooling your mind, dude”

#HighLevelHeartbreaking
#PrayHardForThisUmmah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s