See More

“Apakah mungkin ada planet yang bisa ditempati seperti bumi di luar sana??” tanyaku di sebuah media sosial dengan menyertakan sebuah link artikel.
“Mungkin saja Mbak. Kan kita tidak tahu ada apa aja di luar sana.” jawabnya. Sesosok manusia berkromosom xx dengan pemikiran paling kritis yang pernah ku kenal..

Benar juga sih jawabannya. Manusia cenderung membatasi diri hanya pada sesuatu yang nampak di penglihatannya saja. Sedangkan semesta itu luas. Kemungkinan itu banyak. Allah itu Maha Kuasa menciptakan apapun. Bahkan sesuatu yang kita anggap mustahil sekalipun.

Ada manusia-manusia di belahan bumi sana yang sekejam iblis. Membantai manusia lain tanpa merasa berdosa. Mungkin juga ada pasangannya, manusia-manusia sesempurna malaikat yang tak pernah menunjukkan dirinya. Semua orang tahu black hole, lubang hitam. Tapi, berapa yang tahu bahwa black hole juga memiliki pasangan, white hole. Si lubang putih. Siapa yang tahu bahwa ada sebuah space elevator (lift menuju ke luar angkasa) yang tengah dibangun. Itu, mungkin sesuatu yang dirasa mustahil jika kita pertama kali mendengarnya. Lalu refleks menyanggah keberadaannya. Tapi itu benar-benar ada meski baru tercipta beberapa mili saja. Mungin saja diantara kumpulan pemerintah korup itu ada satu dua orang yang bertahan setengah mati memperjuangkan idealismenya. Siapa yang tahu karena selama ini yang sering diberitakan adalah yang bermasalah saja sehingga kebanyakan, bisa jadi, lebih sering mencaci daripada mengapresiasi.

Terlalu sedikit yang bisa kita tahu jika hanya mengandalkan apa yang bisa mata kita lihat dan telinga kita dengar. Seperti gunung es dengan puncaknya yang kecil diatas lautan sedangkan badannya dibawah permukaan air masih bisa membesar sebesar yang gunung itu inginkan. Masih ada indra-indra lain yang bisa kita gunakan untuk melihat dan merasa tentang suatu fenomena atau bahkan untuk sesuatu yang kelihatannya tidak nyata. Mengandalkan khuznudhon-nya hati untuk berpikir positif terhadap semua kejadian dan menggabungkannnya dengan akal pikiran untuk berimajinasi serta menemukan logika yang bisa mendasarinya. Karena semua kemungkinan itu bisa, sekecil apapun probabilitasnya.

Broaden your mind,
See beyond the unseen,
and, see more…

== Just my random thought ==

Main library 4th floor, after a long time
reconstructing the brain
and, still need music to do it
so pathetic….!!

Advertisements

6 comments on “See More

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s