Orang yang Lusuh yang Terusir dari Depan Pintu-Pintu

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu..

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Berapa banyak seseorang yang lusuh yang terusir di depan pintu-pintu, namun seandainya mereka bersumpah atas nama Allah niscaya Allah kabulkan.”
(Hadits shahih riwayat Muslim dan Ahmad)

IMG-20160128-WA0005

Penjelasan Hadits
Hadits ini menjelaskan betapa kedudukan seseorang di hadapan Allah tidak dilihat dari rupa, harta, dan jabatan melainkan dilihat dari ketakwaannya. Ketakwaan dan keimananlah yang akan mengangkat kedudukan seorang hamba di sisi Allah subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
“Sesungguhnya Allah tidak melihat rupa-rupa dan harta-harta kalian, akan tetapi melihat hati-hati dan amalan-amalan kalian.”

Dalam hadits ini, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menggambarkan salah satu contoh seorang hamba Allah yang begitu rendah status sosialnya di hadapan manusia yang mana penampilannya lusuh, rambutnya kusut, kusam, dan kotor dikarenakan perjalanan yang panjang dalam rangka ketaatan seperti haji atau jihad serta banyaknya ibadah. Ia selalu ditolak dan diusir ketika ingin masuk rumah orang-orang kaya atau ingin menghadiri pesta-pesta mereka. Namun dikarenakan keimanan dan ketakwaannya, Allah berkenan mengabulkan segala doa-doanya dan mengangkat derajatnya di sisi-Nya sehingga setiap kali ia berdoa pasti dikabulkan oleh Allah. Dan, setiap kali ia bersumpah atas nama Allah pasti selalu ditepati. Hal ini dikarenakan salah satu sebab terkabulnya doa adalah keadaan prihatin dan melarat, sebagaimana menampakkan hal tersebut disunnahkan dalam sholat istisqa’ (meminta hujan).

Maka, jangan sekali-kali kita meremehkan atau merendahkan seseorang pun dari kalangan hamba Allah. Tapi, cintailah seseorang dikarenakan ketakwaannya.

Wallahu’alam..

Ustadz Akhmad Fahrisan, Lc hafidzhullah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s