Agama Adalah Nasihat

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu..

Dari Tamim ad-Daari radhiallahu’anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Agama adalah nasihat, bagi Allah, kitabNya, rasulNya, imam kaum muslimin, dan kaum muslimin pada umumnya.”
(Hadits shahih riwayat Muslim, Abu Dawud, An Nasa’i, dan Ahmad)

IMG-20160128-WA0004

Penjelasan Hadits
Hadits ini menjelaskan bahwa agama Islam adalah nasihat. Makna nasihat itu sendiri yaitu keseluruhan hal-hal kebaikan yang berkenaan dengan urusan orang yang dinasihatkan tersebut.

Disebutkan dalam hadits ini, lima pokok nasihat yang ada dalam agama Islam ini.
Pertama, Agama Islam ini adalah nasihat tentang hal-hal yang berkenaan dengan hak Allah Ta’ala. Maka, makna “nasihat untuk Allah” adalah mencakup keimanan terhadap keesaan Allah di dalam uluhiyah, rububiyah, dan asma wa sifatNya. Juga termasuk di dalam nasihat pertama ini adalah kewajiban untuk taat terhadap perintah-perintahNya serta menjauhi larangan-laranganNya.

Kedua, Agama Islam ini adalah nasihat tentang hal-hal yang berkenaan dengan kitab-kitab Allah. Maka, makna “nasihat untuk kitabNya” yaitu perintah agar beriman kepada semua kitab yang Allah turunkan kepada para rasulNya.

Ketiga, Agama Islam ini adalah nasihat tentang hal-hal berkenaan dengan rasul-rasul Allah. Maka, makna “nasihat untuk rasulNya” yaitu perintah agar beriman kepada semua rasul yang Allah utus tanpa terkecuali. Serta perintah agar menaati mereka dan menerima apa yang mereka sampaikan berupa syariat-syariat Allah. Termasuk pula di dalamnya adalah perintah agar melaksanakan ibadah sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu wa sallam.

Keempat, Agama Islam ini adalah nasihat tentang hal-hal berkenaan dengan hak para pemimpin kaum muslimin. Maka, makna “nasihat untuk para pemimpin kaum muslimin” yaitu perintah agar kita menaati mereka pada perkara yang tidak menyelisihi syariat Allah dan rasulNya serta menjaga kehormatan mereka senagai pemimpin kaum muslimin. Karena, keberadaan seorang pemimpin adalah sesuatu yang sangat penting dalam tatanan kehidupan kaum muslimin secara khusus maupun manusia secara umum. Oleh karena itu, agama Islam ini memberikan perhatian dan nasihat tentang hubungan pemimpin dan rakyat.

Kelima, Agama Islam ini adalah nasihat tentang hal-hal berkenaan dengan hak seluruh kaum muslimin. Maka, makna “nasihat untuk seluruh kaum muslimin” yaitu perintah agar kita menjaga hak-hak sesama muslim, baik yang berkenaan dengan darah, harta, maupun kehormatan.

Demikianlah 5 pokok nasihat yang terkandung di dalam agama Islam yang mulia ini. Dari hal inilah kita ketahui bahwa Islam adalah agama sempurna dan mencakup seluruh kebaikan manusia di dunia dan akhirat.

Wallahu ta’ala a’lam.

Ustadz Riki, Lc hafidzahullah

—-

Jadi, dalam agama ini terkandung pokok-pokok nasihat tersebut untuk umatnya. Agama menjadi nasihat untuk pemeluknya..begitu??

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s