Bahasa Bunga

“Sakura adalah sakura. Azalea adalah azalea. Mereka semua tampak cantik karena berbeda. Manusia sama seperti bunga, tak perlu tampak sama. Setiap orang harus berusaha untuk mekar dan menampakkan keindahan sendiri-sendiri.” ~Yamazaki Tanpopo


Azalea, “kesederhanaan dan kesejukan dalam sifat”, sebuah bunga yang biasa-biasa saja. Tercantik pun bukan tapi ia dapat hidup di habitat manapun. Hutan, bukit, rawa berlumpur, bahkan menjadi teman edelweis di puncak gunung. Keberadaannya menjadi penyejuk sekitar. Diserapnya zat asam arang…

Dandelion, “kekuatan dalam kerapuhan”, sebuah sapuan angin dapat merontokkan bunga-bunganya. Menerbangkannya jauh. Menyebar sejauh penjuru bumi. Dan, disanalah kekuatannya. Ia dapat tumbuh di tempat ia jatuh..

Irish, “harapan bagi mereka yang percaya”, kecantikannya hanya sedikit yang dapat menandingi. Darat maupun air, sama saja baginya. Keduanya dapat menjadi tempat tumbuhnya. Kelopak bunganya senantiasa menghadap ke atas. Penyimbolan atas sebuah harapan..

Setiap mereka mempunyai habitat, cara hidup, keindahan, serta pemaknaan masing-masing. Ada tempat-tempat dimana mereka dapat tumbuh dengan indahnya. Ada tempat-tempat dimana mereka hanya dapat tumbuh tanpa keindahan. Dan, ada tempat-tempat dimana mereka hanya akan mati tanpa sempat menikmati hangatnya mentari.

Tak perlu menjadi azalea jika kau adalah seorang dandelion. Tak perlu menjadi magnolia jika kau adalah seorang irish. Memaksakan diri di tempat yang tak seharusnya hanya akan merongrong eksistensi diri, mematikan potensi, dan merusak keseimbangan populasi.

“You just have to try to be who you are and you ought to fly. Step into the light. And soon, you’ll find, somewhere deep inside, there’s a universe right there waiting to be unlocked. The key lies in looking into yourself. Just do what is right.” ~someone in somewhere


Adakalanya, perlu mengucapkan sebuah ucapan ‘selamat tinggal’ untuk sebuah tempat yang kau tahu itu bukan tempatmu untuk bertumbuh, kan….
.

[image]

Advertisements

8 comments on “Bahasa Bunga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s