Hasanah Menjawab Adzan

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu..

Dari Sa’ad radhiallahu’anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Barangsiapa ketika mendengar adzan dikumandangkan muadzin mengucapkan (wa anna asyhadu allaa ilaaha illallahu wahdahula syariikalahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu, radhiitu billahi rabban wa bil islaami diinan, wa bimuhammadin nabiyyan) niscaya diampuni dosanya.”
(Hadits shahih riwayat Muslim, Ahmad dan Ashaabussunnan)

IMG-20160128-WA0002

Penjelasan Hadits
Hadits ini menunjukkan disunahkan untuk mengucapkan doa tersebut ketika mendengar azan berkumandang, baik untuk orang yang suci maupun berhadats, bahkan untuk orang yang sedang haid dan junub kecuali bila dalam keadaan-keadaan yang tidak disunahkan berdzikir dalam keadaan tersebut, seperti ketika buang air atau sedang jima’ atau keadaan lainnya.

Makna “..ketika mendengar adzan dikumandangkan muadzin…” mungkin bermakna, di awal azan sehingga mengucapkan doa ini berbarengan dengan azan. Mungkin pula bermakna, di akhir azan setelah muadzin mengucapkan “Laa Ilaha illallah”. Dan, makna kedua dinilai lebih tepat dan dirajihkan oleh Syaikh Almubarakfury dalam “Tuhfatul ahwadyiz”, karena ada hadits lain bahwa yang diucapkan bersamaan dengan azan adalah kalimat yang sama dengan yang diucapkan muadzin sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Abdullah bin ‘Amr,
“Jika kalian mendengar azan maka ucapkanlah kalimat yang sama dengan yang diucapkan muadzin..” (HR Muslim)

Makna “..akan diampuni dosa-dosanya.” maksudnya adalah dosa-dosa kecil. Adapun dosa-dosa besar maka untuk menghapusnya diharuskan bertaubat, sebagaimana firman Allah Ta’ala setelah menyebutkan berbagai macam dosa besar seperti syirik, membunuh, dan berzina.
“Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman, dan beramal shalih..” (25:70)

Hadits ini juga menunjukkan bahwa Allah Maha Pengampun yang memiliki nama Al Ghaffaar. Dengan amalan-amalan yang mudah kita dapat meraih ampunan Allah, terutama dari dosa-dosa kecil yang tiap hari kita selalu bergelimang dengannya.

Wallahu ta’ala a’lam

Ustadz Varian Lc hafidzahullah

Advertisements

2 comments on “Hasanah Menjawab Adzan

  1. Saya tau tentang sunnah ini, waktu SD pas membaca novel. Di dalam novel tersebut, tokoh utamanya selalu menjawab adzan ketika muadzin sedang berkumandang. Adem gitu bacanya. Terus, ikut2an deh, tapi ternyata memang ada tuntunannya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s