Hal Atas Tempat Duduk Seseorang

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu..

Dari Wahb bin Hudzaifah radhiallahu’anhuma, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Seseorang lebih berhak dengan tempat duduknya meskipun ia keluar untuk menyelesaikan kebutuhannya kemudian kembali, ia tetap lebih berhak dengan tempat duduknya.”
(Hadits shahih riwayat at-Tirmidzi, Ibnu Majah, al-Hakim dan Ahmad. Lihat Shahiihul Jaami’ no 3544)

Penjelasan Hadits
Hadits ini menunjukkan bahwa orang yang menempati suatu tempat duduk, kursi atau meja dan lainnya, lebih berhak atas tempat tersebut jika ia pergi sementara waktu dari tempat yang ia tempati tersebut.

Hadits ini tidak bertentangan dengan hadits,
“Tidak boleh seseorang meminta orang lain untuk berdiri lalu ia duduk disitu, tapi hendaknya saling melapangkan dan saling meluaskan (agar semua bisa duduk).” [HR Muslim]
Cara menggabungkan hadits tersebut adalah bila seseorang sudah menempati suatu tempat duduk, lalu ia keluar sementara waktu, kemudian tempat duduknya tersebut ditempati oleh orang lain, maka hendaknya saling melapangkan agar tempat duduk tersebut cukup untuk semua orang. Apabila tidak cukup, maka orang yang pertama duduk disitu lebih berhak atas tempat tersebut. Dan, larangan meminta orang lain untuk berdiri dari tempat duduknya berlaku ketika orang yang sedang duduk merupakan orang pertama yang menempati tempat tersebut, sedangkan orang yang meminta berdiri adalah orang yang baru datang.

Islam adalah agama yang menghormati hak perorangan. Tidak ada bedanya apakah orang duduk pertama meninggalkan salah satu barangnya di tempat tersebut (seperti tas dan semacamnya) atau tidak, maka ia tetap lebih berhak atas tempat tersebut. Begitu pula seorang yang biasa berfatwa atau mengajar di tiang-tiang tertentu atau tempat tertentu dari masjid, maka ia lebih berhak atas tempat tersebut bila ada orang yang duduk di tempat tersebut.

Wallahu ta’ala a’lam

Ustadz Varian Lc hafidzahullah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s