Sesungguhnya Dunia Ini Terlaknat

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu..

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Sesungguhnya dunia ini terlaknat dan termurkai pula apa yang ada di dalamnya kecuali dzikrullah, apa saja yang Allah cintai dan seorang yang berilmu atau penuntut ilmu.”
(Hadits hasan riwayat at-Tirmidzi dan Ibnu Majah. Lihat Shahiihul Jaami’ no 1609)

IMG-20160219-WA0022

Penjelasan Hadits
Hadits ini menjelaskan bahwa di dunia ini tidak ada hal-hal yang mengandung kebaikan hakiki kecuali apa saja yang berkenaan dengan mengingat Allah dan hal yang mendatangkan keridhoanNya seperti beribadah dan menuntut ilmu.

Hal tersebut menunjukkan bahwa segala yang ada di dunia ini adalah sesuatu yang hina dan tidak ada nilainya di hadapan Allah jika tidak dimanfaatkan dalam hal-hal yang mendatangkan keridhoanNya.

Maka, apapun di dunia ini berupa kekayaan, kedudukan, kekuasaan, keindahan, maupun hal lainnya bukanlah sesuatu yang pantas dibanggakan oleh siapapun. Karena semua itu akan hilang dan binasa seiring berlalunya umur dunia. Sedangkan ketaatan dan ketaqwaan kepada Allah akan membuahkan manfaat hakiki dan kebahagiaan hakiki di akhirat kelak. Oleh karena itu, sepantasnya sebagai seorang muslim, kita wajib menjadikan tujuan utama dalam kehidupan ini adalah beribadah dan mendapatkan keridhoan Allah.

Hadits ini juga menunjukkan tentang keutamaan menuntut ilmu syar’i. Karena seorang yang belajar ilmu syar’i akan mengetahui hal-hal apa saja yang mendatangkan keridhoan Allah dan hal-hal apa saja yang harus ia lakukan, serta hal-hal apa saja yang menyebabkan kemurkaan Allah dan harus ia jauhkan dari dirinya.

Semoga Allah menyelamatkan kita dari fitnah kehidupan dunia yang fana ini, serta memberikan hidayah kepada kita untuk menggapai keridhoanNya. Aamiin..

Wallahu ta’ala a’lam

Ustadz Riki Lc hafidzahullah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s