[Catatan Ramadhan 1437H] Source

Pagi baru saja dibersihkan. Sore, bak penampungan air di kamar mandi sudah kotor lagi. Dibersihkan lagi, harus. Tapi tetap saja, sumber kotor yang sesungguhnya bukan dari bak air bawah tapi penampungan air atas. Disanalah sumber aliran airnya. Penampungan ataslah yang seharusnya dibersihkan terlebih dahulu. Membersihkan bak air bawah tanpa membersihkan yang diatas hanya akan mengulang-ulang pekerjaan. Air kotor akan kembali mengalir mengotori bak yang sudah sempurna dibersihkan. Sebuah konsep sederhana untuk pemecahan sebuah masalah. Carilah sumber masalahnya lalu bereskan.

Ketika hanya ucapan, langkah kaki, dan gerak tangan penuh kesia-siaan yang keluar dari tubuh. Maka, kesemuanya itu hanyalah gejala. Gejala yang harus didiagnosis dan dicari sumber masalahnya. Tak serumit mendiagnosis penyakit tubuh yang entah apa sebabnya, Rasulullah sudah menerangkan bagian tubuh yang menjadi sumber segala gerak tubuh dalam hadits beliau,
“Ketahuilah, bahwa di dalam setiap tubuh manusia terdapat segumpal daging. Jika segumpal daging itu baik maka baik pula seluruh badannya. Namun, jika daging teresebut rusak, maka rusaklah seluruh tubuhnya.”

Sekarang, tak ada syaitan yang menyusup dalam aliran darah. Tubuh ini murni terdiri dari komponen-komponen utama diri tanpa pengaruh dari luar. Saat inilah kita bisa melihat diri kita yang sebenarnya. Hati, akal, atau nafsu yang menjadi penguasa??

Ibnu al-Jauzi pernah berkata,
“Jika kau menemukan sebuah kegelapan dalam hatimu setelah melakukan sebuah dosa, ketahuilah bahwa dalam hatimu masih ada cahaya. Karena cahaya itulah kau masih merasakan kegelapan..”

Maka bersyukurlah, Allah tak benar-benar mematikan hatimu dan menjadikan keseluruhannya gelap. Bersihkanlah…

“Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al Qur’an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.” [10:57]

Ramadhan day 7
Time flies so fast…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s