Bagaimana Cara Menemukan Allah..??

Seorang kawan secara tiba-tiba mengirim message dengan sebuah pertanyaan yang berat,
“Gimana cara menemukan Allah? Aku selalu berdebat sama temenku. Mendekatkan sesuatu yang tak pernah puas dengan hasilnya.”
Krik…
Apa pula ini..
“Abot iku. Additional time yak. Mikir sek..” jawabku
“Orangnya logis ya?” lanjutku
“Iya, logis banget” jawabnya
“Debat kalian sampe sejauh mana? Maksude apa yang membuatnya tidak bisa menerima setiap jawabanmu?” pertanyaan beruntun karena memang saya tak tahu bagaimana karakter temannya itu..
“Ya intinya dia gak bisa membatasi antara hal logika dan hal yang gaib..” terangnya
*Garuk-garuk kepala

-End-

Karena memang sedang dalam kondisi sedang tak bisa berpikir berat dan jernih, maka di forward lah pertanyaan tersebut ke kawan lain yang sejenis dengan mereka. Kawanan programmer yang tiap hari bermain dengan logika..
Dan tarra, inilah jawabannya..tetap menggunakan pendekatan back to Al Qur’an,

Cara menemukan Allah:
Metode Ibrahim -> Trial and Error
Pertama mengira bahwa bulan adalah Allah. Kemudian muncullah matahari. Tetapi matahari juga tenggelam. Berarti Allah adalah yang mencipta keduanya.
Metode Musa -> Penginderaan langsung
Tak puas dengan berdialog, Musa pun menginginkan matanya dapat mengindera Allah. Hasilnya Musa pingsan karena memang bukan saatnya mengindera Dzat Yang Maha Esa.

Kalo kita, kurasa cukup dengan menggunakan akal dan hati kita untuk membaca kalamnya yang tersirat dan tersurat. Bahwa apa yang ada diaturnya adalah bukti keberadaannya. Bukti kuasanya. Dia ada dan Dia menghidupkan dan mematikan. Dia berada di atas ‘Arsy. Kalo dia logis dan hatinya punya cahaya iman, pasti akal akan menuntunnya untuk bersujud. Tapi kalo hatinya bermasalah, akalnya akan selalu mencari pembenaran untuk menyangkal. Metode Musa dan metode Ibrahim sangat logis dan manusiawi.

-QED-

Itu, jawaban kawan. Jawaban diri..??
Nanti, nunggu si akal normal lagi.. ((alibi))

Sebenarnya yang masih blur disini adalah, menemukan Allah itu dalam konteks seperti apa??
Apakah dia sudah percaya akan adanya Allah tapi ia masih belum bisa merasakan keberadaanNya di dalam hatinya??
Atau
Apakah dia masih dalam proses pencarian Tuhan?? Hingga ia perlu sebuah bukti konkrit akan keberadaan Allah agar bisa percaya sepenuhnya??

Tapi sebenarnya, jawaban si kawan yang lain itu pun bisa diterima kan..jadi, ya sudah gak usah dipikir lagi…
Slee~

Advertisements

14 comments on “Bagaimana Cara Menemukan Allah..??

  1. Ikutan Teh πŸ˜€

    ‘Sesungguhnya Allah itu dekat..

    Coba, simpen telapak tangan 30cm di depan mata kita, saat itu kita masih bisa ngeliat garis2 yang ada di telapak tangan kita.

    Coba deketin ke mata kita sedikit demi sedikit, sampai telapak tangan kita nyentuh mata kita, nah kita ngga bisa lagi deh liat garis2 telapak tangan kita.

    Itu perumpamaan buat orang yang nanya di mana Allah, saking deketnya sama kita, kita sampai ngga bisa ngeliat Allah. Allah itu deket banget sama hamba-Nya, deket banget..’

    -the end-
    heheh

      • Itu terlalu tinggi untuk ku.
        Siapa yang mengenal dirinya, dia mengenal Tuhannya.
        Man arofa nafsa, faqod aroffa robba.
        Gitu kalau gak salah..
        Aku aja masih belum mengetahui sejatinya diri, bagaimana aku bisa menjawab pertanyaan itu.

    • nice answer (^^)b

      jadi teringat tulisannya Ibnu Athailah,
      “Seperti halnya seekor kelelawar yang hanya mampu melihat di kegelapan malam, sedangkan si siang hari ia tidak mampu melihat apa-apa. Hal itu dikarenakan kuatnya kemunculan siang. Sementara itu, penglihatan mata kelelawar amat lemah. Ia tak sanggup melawan pancaran cahaya matahari.

      Seperti itulah akal, ia amat lemah di hadapan kemunculan Ilahi yang sinar dan cahayaNya menyilaukan. Kuatnya kemunculan Ilahi inilah yang menjadi sebab ketersembunyianNya dari segala sesuatu”
      πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s