Pahamilah Si Gelap

Hanya ingin mengambil rute yang lebih panjang. Rute lain yang menawarkan gemerlap cahaya yang lebih terang dan menampilkan banyak keragaman. Terus menerus berkutat dalam ke homogenan hanya akan menyempitkan pandang. Buta akan adanya sesuatu di luarnya yang memerlukan perhatian.

Selalu ada dua sisi di dunia ini. Cahaya dan kegelapan. Seperti halnya ada banyak masjid sampai tempat-tempat menuntut ilmu lain yang menawarkan cahayanya di kota ini, ada pula banyak tempat seperti Liquid sampai ‘Las Vegas’ yang menawarkan gelapnya.

Terlalu berkutat dalam ke homogenan hanya akan menulikan telinga akan jeritan dunia yang membutuhkan terangnya cahaya. Tanpa paham akan isi dalam kegelapan, cahaya tak mungkin mendapat izin masuk dan menawarkan keindahannya. Tanpa tahu karakter si gelap, si cahaya tak kan mungkin menyapa dan merangkulnya, mengajaknya menjadi bagian dari terangnya si cahaya.

Ustadz Budi Ashari pernah berkata,
“Berpikirlah jauh hingga mencapai masa kejayaan Islam lalu lihatlah sekitar. Kemudian, rasakan perbedaannya dan mulailah merasa gelisah. Kegelisahan itulah yang akan menjadi penggerak untuk melakukan perubahan.”

Begitulah, mungkin, perasaan Rasulullah ketika menyepi di Gua Hiro. Kegelisahan akut yang membuatnya merenung dalam hingga akhirnya menjadilah sesosok cahaya yang menjadi penghubung langit dan bumi. Menawarkan sebuah kedamaian menggantikan segala kebobrokan. Menenangkan tangis semesta yang tak kuat melihat ulah manusia.

~ Yogyakarta on the street ~

Hanya pemikiran selintas seorang anak manusia yang tak pernah suka berada dalam kerumunan keramaian tapi bisa menjadi sangat bersuka cita ketika ada kesempatan untuk melihatnya. Hanya seorang pengamat, bukan seorang penggembira.

Advertisements

4 comments on “Pahamilah Si Gelap

  1. Hanya pemikiran selintas seorang anak manusia yang tak pernah suka berada dalam kerumunan keramaian tapi bisa menjadi sangat bersuka cita ketika ada kesempatan untuk melihatnya. Hanya seorang pengamat, bukan seorang penggembira. –> this is how you describe yourself, i can’t agree more 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s