Tautan

5:47 AM

Ini, melanggar kebiasaan kan. Harusnya semua ditulis begitu mata terbuka dan melihat cahaya. Seperti biasa. Tapi, perjalanan waktu terkadang mampu mengubah semua. Ada cara pandang yang berbeda. Semua ada prioritasnya. Malam dengan fungsinya, siang dengan fungsinya. Kembali pada fitrah penciptaanNya. Kecelakaan bagi yang melanggarnya.

Tiap etape hidup mengajarkan banyak hal. Bermula dari sebuah panggung sandiwara kecil yang mengajarkan fananya dunia. Ada awal dan akan ada akhir.

Ada perjalanan sebuah bulan mulai dari awal nampak sampai akhir hilang, yang mengajarkan hidup itu sedemikian cepatnya. Ada mendung dan langit malam berbintang yang dengan halusnya mengajarkan bahwa ada awal untuk kegelapan tapi akan ada juga akhirnya.

Semua berkumpul hari ini. Menggerakkan tangan mengucapkan terima kasih untuk semua penghuni semesta yang telah menjadi guru saat menapak kehidupan. Ada sebuah syukur panjang untukNya yang masih memberikan nafas untuk menambal semua khilaf ketika kepulangan yang dirindukan bisa menjadi terasa menakutkan. Sebuah ketakutan yang menundukkan..semoga..

Ketika sebuah benang mengendor, ujung dan pangkalnya harus ditarik kuat agar kembali meregang sempurna. Tarik kuat lagi hakikat awal penciptaan dan akhir kepulangan. Tarik kuat maka, insya allah, perjalanan hidup akan kembali menguat.

Sepanjang apakah tautan ini akan terbentuk?? Apakah ini akan menjadi tautan terakhir atau hanya menjadi satu bagian dari berpuluh tautan lain?? Siapa peduli.
Se tak peduli pada apapun yang Ia berikan pada hidup. Hakikatnya, manusia hanya ditugaskan untuk patuh, tunduk, dan khusyuk padaNya…saja. Bukan pada kehidupan dan segala isinya…

Bukankah pernah datang kepada manusia waktu dari masa, yang ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut? Dan tidaklah ia diciptakan melainkan agar beribadah kepadaNya. Lalu, bagaimana kamu bisa ingkar kepada Penciptamu, padahal kamu pada awalnya tiada, lalu Dia hidupkan kamu, lalu Dia matikan kamu, lalu Dia hidupkan kamu kembali. Kemudian, kepadaNya-lah kamu dikembalikan.

Karena kematian hanyalah sebuah pintu gerbang untuk bertemu dengan semua yang dirindukan..

Monjali, sehari setelah Full Frost Moon 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s