Quod Erat Demonstrandum 2

Tesis talak 1
19 Januari 2016, defense room 5, done..!

Tesis talak 3
25 Januari 2016, admin pasca, done..!

QED 2

#sujudSyukur #Alhamdulillah

[QED 1] [QED 2]

Habis talak, ta’aruf…

Lovely City, Yogyakarta
[2 September 2013 – 25 Januari 2016]

Pesan Emak

“Dek, mbok puasa main sebentarrr saja sampai tesnya selesai. Setelah itu, lakukan apapun sesukamu..”

Pesan emak setiap kali ujian sekolah dan keluar malas belajarnya. Apalagi pas ada final liga Itali dan liga champion, abaikan.

Baiklah Mak,,saya mau puasa sekarang…insya Allah

じゃまたね、bloggie
じゃまたね、mas efbi
じゃまたね、bang tweeto

Mas Tesis, mari kita muluskan rencana perceraian kita *salim*
Saya sudah tidak sabar menghabiskan seluruh buku di 3 perpus di kampus ini, ikutan bagi nasi malem-malem di stadion kridosono, nyobain naek trans yogya sama prameks lintas kota, keliling kota Yogya (tapi bukan cari data), nangkring di atap perpus nungguin matahari tenggelam (obsesi yang harus terealisasi, insya allah..amiin), keliling nyari jadwal kajian lagi (i miss this so much…) >< , nongkrong malem-malem di GSP dan terakhir mari jadi murid baik hati dan tidak sombong di salah satu ma'had di kota tercinta ini..

Mas Tesis, mohon pengertiannya ya…おねがい

iYoshh..
Go Nuri Go

Engineer = Designer

“Engineer itu sama seperti desainer. Tahu??” kata babe dosen sambil tangannya membuat sebuah gambaran besar di atas post it berwarna kuning. Kebiasaan beliau setiap kali menerangkan sesuatu.
Aku hanya mengangguk sambil memperhatikan gambaran besar yang beliau gambar.

“Engineer bukan scientist yang tugasnya mencari kebenaran. Tugas engineer hanya mendesain sebanyak-banyaknya alternatif pemecahan masalah dan memilih satu diantaranya yang paling mendekati sempurna. Seorang engineer tidak akan dituntut untuk benar 100%. Mungkin desain yang berhasil dirancang hanya mencapai 50%, sisanya yang 50% bisa ditambahkan dari faktor lain dan sangat mungkin menjadi tugas engineer lain untuk menyempurnakannya.” beliau berhenti sejenak, memperhatikan ekspresi wajah satu mahasiswa bodoh di hadapannya. Continue reading

Ketika Kantuk Menyerang

Imam Nawawi ketika rasa kantuk menyerang akan merebahkan kepalanya sebentar diatas bukunya dan tanpa berbaring untuk tidur, beliau akan kembali menjalankan aktivitasnya, menyelami nikmatnya indahnya samudera ilmu dalam sebuah buku.

Imam Nawawi ketika rasa kantuk menyerang akan mengambil sebuah buku dan membacanya hingga beliau tertidur di depan buku atau tersandar di tembok. Ketika bangun, beliau akan tersentak dan merasa menyesal seolah-olah kehilangan sesuatu yang begitu berharga.

Tahu apa yang dilakukan para ulama ketika merasa lelah mempelajari sebuah ilmu??
Diletakkan bukunya yang dibaca saat itu dan diambilnya sebuah buku yang lain. Mengganti subyek pembelajaran. Mengaktifkan kembali rasa keingintahuan..

Seeking for the answer,
Revealing the truth..

*Ketika otak hanya bisa nge-blank menatap layar lempie yang penuh dengan angka-angka yang menunggu untuk disusun menjadi sebuah pola dan besok pagi harus sudah tersedia rapi di meja pak pembimbing tercinta. Tidak perlu memakai narkoba jika ingin merasakan bagaimana rasanya melayang tanpa beban pikiran, cukup tidur sehari sejam saja (,”)9

Masih di lantai yang sama,
2nd floor lovely library..
45 menit sebelum alarm pengusiran berbunyi dan lampu dimatikan..

and, this will be a memory too

[image]

Kau tahu apa yang akan dilakukan Sherlock Holmes ketika ia belum menemukan jalan keluar dari kasusnya??
Ia teliti, telusuri, baca semua referensi, pergi melakukan observasi, sampai ia dapatkan apa yang ia cari.
Kau tahu apa yang akan dilakukan Shinichi ketika ia belum mengetahui bagian dari kasus yang ia tangani??
Ia tenggelamkan dirinya dalam lautan buku untuk mencari referensi.

Ada sesuatu yang membuat mereka terus bertahan untuk mencari..
Rasa ingin tahu akan sebuah jawaban, rasa ingin tahu akan sebuah kebenaran..

Bukankah selalu menyenangkan melihat seseorang yang terlarut dalam dunianya sendiri. Tenggelam, asyik dengan apa yang mereka lakukan. Sekali-kali cukupkan dirimu jadi sekedar penikmat. Mulailah mengalaminya sendiri.

Sekarang, ada pertanyaan dan butuh jawaban…
Terlepas dari apakah kau menyukai apa yang kau tanyakan..
Yang jelas sudah muncul pertanyaan-pertanyaan yang membutuhkan jawaban. Hei, bukankah selalu menyenangkan mencari jawaban dari sebuah pertanyaan?? Bukankah menyenangkan mengetahui sesuatu yang belum kita tahu sebelumnya??

Carilah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu..
Belajarlah menyukai apa yang saat ini kau hadapi meskipun kau tak terlalu menyukai…
Lagipula, kau tak mau kan kalau harus membiayai studimu sendiri??

Ayolah nduk, gek ndang digarap nggih tesis’e..
#Save7Juta

Go Nuri Go (^0^)/

New Product Launch Distribution

19 September 2014, launching perdana iPhone 6 di negara-negara ‘tier1’

Yang jadi pertanyaan..
1. Kenapa Apple membuat tingkatan negara untuk launching new product apple??
2. Kenapa Samsung mendistribusikan serentak ke semua negara untuk launching new productnya??
3. Apa pengaruh perbedaan pola distribusi kedua perusahaan tersebut terhadap kesuksesan new product launch??
4. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pola distribusi new product launch??

Teng tong…

Terbayang-bayang semester 5 dah….

Pendefinisan Masalah

“Ada begitu banyak masalah di dunia ini tapi kenapa seolah-olah begitu sulit mengambil salah satunya dan menjadikannya judul penelitian??”, kicauan yang ku tulis di twitter.
Salah seorang teman balas menjawab
“Bukan sulit tapi ketidakmampuan untuk mengidentifikasi. Kurangnya pengetahuan akan hal tersebut”

Benar juga sih…
Harus banyak membaca jurnal penelitian sebelumnya untuk akhirnya dengan bebas kita bisa mengumumkan judul penelitian kita. Novelty, state the art, needs, dan kawan-kawanya yang harus terpenuhi supaya tidak terjadi pemecahan masalah yang berulang atau penelitian yang tidak tepat sasaran. Continue reading

Abstraksi “Penentuan Kawasan Industri Potensial di Kabupaten Klaten dengan Memanfaatkan Sistem Informasi Geografis”

Assalamua’alaikum wr wb,,, 😀

Kebayang susahnya nyari judul TA,,,berpuluh-puluh kali searching di inet nyari inspirasi buat dapet judul. Tiap kali orang rumah telpon pasti pertanyaannya sama,,
“Piye dek,,dah dapet judul??”
Krik,,,krik,,,krik,,,
Mpe si babe bilang “Dah dek,,buat TA gak usah susah-susah,,cuma syarat lulus ini. Bukunya gak usah tebel-tebel. sing penting ndang cepet lulus,,”

Nah nie sekarang TA-ku mau tak sharing nie,,tak jadiin open source aja lah,,

ABSTRAKSI

Kabupaten Klaten merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terbagi menjadi 26 kecamatan. Dibandingkan dengan industri besar, industri kecil mempunyai andil lebih besar dalam perekonomian Kabupaten Klaten. Di Klaten saat ini ada 33.221 Industri Kecil Menengah dengan sentra industri suatu produk yang bisa terdapat dalam beberapa kecamatan dan dalam satu kecamatan bisa terdapat beberapa sentra industri. Kondisi tersebut menjadikan sentra industri menjadi tidak terpusat sehingga proses pengawasan, evaluasi, dan pemberian bantuan modal usaha menjadi cukup sulit. Selain itu Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal dalam menempatkan suatu kawasan sebagai sentra industri hanya melihat dari segi jumlah IKM. Padahal untuk menetapkan suatu kawasan menjadi suatu sentra industri ada beberapa parameter yang harus dillihat selain jumlah IKM.

Tugas Akhir ini mencoba merancang suatu program untuk mengupayakan agar setiap kecamatan di Kabupaten Klaten memiliki satu sentra produk unggulan sehingga kegiatan sentra industri lebih terpusat dan terkontrol yang biasa disebut One Village One Product. Untuk menentukan suatu kawasan industri yang potensial bagi suatu sentra industri ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan yaitu besar omzet, jumlah IKM, pemasaran, bahan baku, jumlah tenaga kerja, teknologi, dan sarana prasarana. Sedangkan metode yang digunakan dalam menentukan lokasi potensialnya adalah metode rating factor.

Sebagai alat bantu untuk mempermudah pencarian kawasan potensial maka digunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) yang dapat menampilkan, menganalisis, memanipulasi, dan menyimpan informasi-informasi geografis. Hasil dari SIG dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal untuk menentukan kawasan sentra industri potensial. Selain itu SIG yang digunakan berbasis web sehingga sentra-sentra produk unggulan tersebut dapat sekaligus diperkenalkan kepada masyarakat luas.

Output dari sistem informasi geografis ini adalah urutan kecamatan yang potensial untuk suatu sentra. Dari peta dapat dilihat daerah yang paling potensial untuk pengembangan produk OVOP. Untuk sentra industri logam, kawasan potensialnya diurutkan dari total nilai yang paling besar adalah kecamatan Ceper, Polanharjo, Karanganom, Delanggu, Wonosari, Manisrenggo, dan Jatinom. Untuk sentra industri tembakau ada di kecamatan Manisrenggo, Gantiwarno, Trucuk, Jogonalan, dan Ceper. Untuk sentra industri gerabah ada di kecamatan Wedi, Bayat, Wonosari, Klaten Tengah, Pedan, dan Kalikotes. Untuk sentra industri mebel ada di kecamatan Klaten Utara, Trucuk, Cawas, Juwiring, Ngawen, Ceper, Kalikotes, dan Kemalang. Untuk sentra industri konveksi ada di kecamatan Jogonalan, Wedi, Klaten Selatan, Pedan, Ngawen, Ceper, Karangdowo, dan Delanggu.

Kata Kunci : SIG, sentra industri, rating factor

***

Dari Tugas Akhir tersebut bisa dikembangkan lebih jauh lagi sebenarnya. TA yang saya buat sederhana banget,,,mepet masalahe waktunya,,,jadi dibuat se-simple mungkin..
Ini nie saran-saran yang mungkin bisa jadi bahan penelitian selanjutnya :

”Quod Erat Demonstrandum”

Assalamu’alaikum wr wb,,, 😀

10 September 2009,,jam 07.30-09.00 WIB,,Ruang Seminar 3,,,Ged C lantai 3,,,

Alhamdulillah,,,alhamdulillah,,,alhamdulillah,,,

kata-kata yang banyak saya ulang setelah selesai ‘berbincang-bincang’ dengan dosen penguji. Jangan tanya perasaan saya ketika melewati masa-masa persidangan. Bener-bener lempeng-lempeng aja dari awal mpe akhir. Gak ada sensasi sama sekali. Berhadapan dengan 2 master GIS (salah satunya dari Klaten pula) plus ditambah 1 master industri,,,woalah lagi-lagi 4WI memberikan cahaya-Nya untuk hamba-Nya yang bodoh ini,,Thanx to U, My Lord,,

Kalo dipikir-pikir sejak saya dari awal mengerjakan TA sampe akhirnya saya berhasil lulus dari persidangan saya telah merepotkan banyak orang. Lembar kata pengantar di Tugas Akhir saya yang cuma dibatasi sampe 2 lembar thok tidak akan sanggup menampung nama orang-orang yang telah ikut memberikan andil selama proses pengerjaan TA. Biar jasa-jasa mereka tetap terkenang sampe akhir hayat,,maka saya tulis nama kalian di ‘rumah digital’ ini..

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

Jazakumullah Khoiron Katsiron

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

#) Sie Support and Motivation
–> My parents,,,benar-benar sumber motivasi yang kuat biar cepet lulus,,,padahal kuliah kan nikmat,,,heuheu,,,
–> My lovely brother,,,tempat melepas segala gundah gulana, kegilaan, kepenatan, keluh kesah selama berkutat dengan TA,,
–> Depe, Xely, Mail,,dan AccessNet crew laennya,,,masih teringat kata-kata “hidup mulia ato mati syahid”,,,hayo-hayo sing rung lulus gek ndang lulus,,, 😀
–> Heny Kur-kur,,QQ chunbyun,,,meskipun kalian nun jauh disono,,tapi kata-kata penghiburan kalian tetap sampai ke bandung,,,hehe..
–> Kalo divisi ini emang amat sangat banyak sekali,,,satu kata semangat saja sungguh sangat berarti…

#)Sie Bimbingan
–> Siska,,,partner bimbingan sejak dari pembuatan proposal,,,meskipun pada akhirnya dirimu meninggalkan aku sendirian karena dirimu lulus duluan tapi aku ikhlas Sis,,,
–> Depe,,,tugasnya janjian dengan pembimbing,,forward sms,,bimbingan bareng deh kita,,, 😀
–> Mbak Lafi,,,konsultan bimbingan dari awal golek judul sampe akhir,,

#)Sie Application
–> Mas Sanjie plus mbak Syarach,,,file-filenya sangat membantu sekali..
–> Kuni Kun-cung,,sumber inspirasi…jadi nemu rumus buat perhitungannya,,,good job Sist..
–> Na”,,,my error handler…mantep,,cuma lewat email bisa langsung tau salahnya,,,ck,..ck…ck…
–> si Budi, si Bay, si Petruk,,,master-master php tempat bertanya kalo ada yang gak ngerti,,,berhubung semuanya ngerti basa jawa saya cuma mau bilang ‘matur nuwun’ bersedia meluangkan waktunya menjawab pertanyaan-pertanyaan saya yang sepele…

#) Sie pem-Book-an
–> Eny,,Nadiya…walah printernya manntap jaya kramat jati tenan kie,,,lancar puoolll,,,tengkyu so much my prends,,
–> Uwix,,,abstraksi inggris gak akan jadi tanpa bantuannya,,,-enak tho Wix Silverquin’e-..
–> penjual kertas, tinta, klip,,Tukang njilid,,tukang fotokopi…meskipun harus keluar banyak duit tapi tetep terima kasih wis,,,tanpa kalian buku juga gak akan jadi,,,:D

#) Sie per-Sidang-an
–> Gunawan,,Deny…wadhuh matur nuwun sanget mas-mas,,kalo gak ada kalian infocus gak akan nyala dan sidang bisa ditunda,,*halah,,berlek…
–> Depe, Xely…saksi sejarah…
–> Mas Aji,,,lumayan ada orang yang bisa di suruh translate slide sidang,,,

#)Sie Pasca sidang
–> Lady,,,partner in administration…terima kasih atas kerjasamanya selama ini…
–> Deny,,,walah,,lagi-lagi Den,,matur nuwun,,cover cd, pdf, dkk tak akan jadi tanpa bantuanmu..sori telah membuat ban motor lebih aus,,,debu nambah banyak nempel di benper motor,,,bensin habis,,,

Think,,think,,,think,,,ada yang kurang gak yah??
Banyak nie kayaknya yang belum kesebut,,,yah,,maafkan daku yang pelupa jika memang ada yang terselip namanya,,

Otak pun gak akan berfungsi baik kalo gak dirangsang sama alunan nada pas ngerjain TA,,,
Lagu-lagu yang nongkrong di playlist selama TA :
1. Sedekah-nya Opick
2. Cahaya-nya The Fikr
3. KAHJ-nya The Fikr
4. Florence~ost Kanon
5. Last Regret~ost Kanon
6. Reflectia~ost True Tears
7. dkk,,,
1,2,3 tetep nongkrong mpe sekarang di playlist..4,5,6 berhubung lagi ramadhan saya juga puasa ndengerin lagu2 jahiliyah maka untuk saat ini sudah dihapus dari playlist..Semakin mendekati masa-masa pendaftaran saya lebih sering dengerin murotal,,terbukti lebih mampu menenangkan hati dan pikiran,,,Adem,,

Ada kalanya otak akan jenuh juga kalo kelamaan ngerjain TA,,maka saya nyambi nonton film juga,,hehe…*makanya kagak slese-slese,,
1. True Tears (completed)
2. Kanon (completed)
3. Bloody Monday (1 episode doank…lanjut hbs ramadhan,,)
4. Clannad (1-17,,sisanya nyusul juga abis lebaran)
semua film di-donlot dari ftp://10.14.200.141

Whuaahhh,,,,berakhir juga skripsi,,thesis sudah menunggu di depan mata,,,hayah…
Akhirnya,,bisaaa,,,,

Baca buku sebanyak-banyaknya,,,Ngoprek sepuas-puasnya,,,Bertualang sejauh-jauhnya,,,Yuupii