Aurora

Assalamua’alaikum wr wb,,, :D

Ngeliat dari definisinya si tante wiki, Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan matahari (solar wind). Jadi bukan karena salju ya jadi muncul aurora..camkan itu. :)






Mau lebih banyak foto aurora, kunjungi website disamping >> Auroras, eh tapi kalo mo lebih banyak lagi cari di google aja ding :D

Proses Terbentuknya Aurora

Mo diterangin pake sistem simple apa sistem rumit??
huekekekeke…(padahal yang nulis juga gak ngerti..)
Mo pake cara simple ato riuweh intinya ada 2 hal yang berperan dalam melahirkan miss aurora ini. Medan magnetik planet dan partikel matahari. Karena saya sedang males mikir berat, kita pake cara simple saja.. (alesan padahal gara-gara terlalu banyak istilah fisika yang dipake, foton, elektron, medan magnetik, ionisasi, dynamo action, hayahh..lieur, fisika ane aja cuman dapet C, eh)
Jadi di planet yang kita tempati ini dikelilingi selubung magnetik super besar yang biasanya disebut Medan Magnetik Bumi.

Medan Magnetik Bumi

Kita beralih ke matahari, ada saat-saat dimana matahari mengeluarkan solar wind. Solar wind ini adalah aliran elektron dan proton yang terlepas dari matahari akibat tingginya energi kinetik yang dimiliki kedua partikel serta suhu matahari. Untuk lebih jelasnya baca di tante wiki aja. Nah, aliran partikel-partikel solar wind ini terperangkap di medan magnetik bumi, beberapa dari partikel-partikel ini mengarah ke kutub bumi dengan kecepatan yang terus bertambah.

Solar Wind dan Medan Magnetik Bumi

Benturan antara partikel-partikel ini dan atom-atom yang terdapat dalam atmosfer bumi melepaskan energi yang menyebabkan terbentuknya aurora di kutub bumi yang nampak seperti lingkaran besar yang mengelilingi kutub. Makanya aurora lebih sering muncul dan bersinar lebih terang ketika matahari sedang aktif-aktifnya mengeluarkan Corona Mass Ejection yang menyebabkan meningkatnya intensitas dari solar wind.

Ini saya kasih bonus video yang saya dapat dari youtube tentang si cantik miss aurora

Macam Aurora

Di bumi (aurora bisa juga muncul di planet lain selain bumi), aurora muncul di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan bumi.
Mengapa Aurora hanya terdapat di kutub bumi??
Karena di kutub utara dan selatan medan magnetiknya sangat kuat dibanding wilayah lain.
Meski kadang-kadang miss aurora bisa juga nampak di puncak gunung di iklim tropis tapi fenomena ini sangat jarang sekali terjadi.
Aurora Borealis (Kutub Utara)
Nama aurora borealis diambil dari nama Dewi Fajar Romawi, Aurora, dan nama Yunani untuk angin Utara, Boreas. Dinamai seperti itu karena di Eropa aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk Utara seakan-akan matahari akan terbit dari ufuk Utara. Aurora borealis selalu terjadi di antara bulan September dan Oktober serta Maret dan April (yang mo ngeliat bisa langsung ke daerah kutub Utara, mumpung masih bulan Maret, saya juga gak nolak kalo ada yang ebrbaik hati ngajak kesono :D).





Aurora Australis (Kutub Selatan)
Miss aurora yang satu ini hanya bisa dilihat dari daerah dengan garis lintang selatan yang tinggi di daerah Antartika, Amerika Selatan, dan Australasia. Australis adalah nama latin untuk “Selatan”.


Aurora Australis dari luar angkasa


Warna Aurora

Warna-warni yang ditampakkan oleh aurora disebabkan karena benturan partikel dan molekul atau atom yang berbeda. Warna yang muncul dipengaruhi oleh komposisi atmosfer dan ketinggiannya sehingga warna yang dihasilkan bisa berubah-ubah.

      Bila partikel yang bersangkutan berbenturan dengan oksigen pada ketinggian 140 km, warna aurora menjadi biru atau ungu

      Bila partikel yang bersangkutan berbenturan dengan oksigen dan nitrogen pada ketinggian 100 km, warna aurora menjadi kemerah-merahan

      Bila partikel yang bersangkutan berbenturan dengan hidrogen pada ketinggian 300 km, warna aurora menjadi hijau atau merah

Aurora di Planet Lain

Bumi hanyalah salah satu planet di alam semesta ini. Planet-planet lain pun memiliki medan magnetik. Pancaran solar wind yang mencapai medan magnetik planet-planet ini akan menyebabkan terbentuknya aurora di planet yang bersangkutan dengan proses yang sama dengan proses terjadinya aurora di bumi. Aurora juga akan terbentuk pada daerah dengan medan magnetik tertinggi.

Jupiter Aurora


Saturnus Aurora

Mars Aurora


Subhanallah,,
Kireina….right
It is You who creates it…

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): ‘Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.’” (QS Ali Imran: 190-191)

-Sampe saat ini, postingan ini adalah postingan yang paling banyak fotonya :mrgreen:-

About these ads

3 comments on “Aurora

  1. asslm kaka kau share di facebook ya kebetulan aku ada presentasi bahasa inggris kelompok ku ambil tema aurora terimakasih infonya :D

  2. wahh bener2 cantik banget blognya,pasti tuannya jg pinter..oya mkasi ya buat infonya,ini sangat berharga bagi saya :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s